The effect of the combination of peer and self-directed feedback on writing ability of students across English proficiency levels / Rizky Amelia

Amelia, Rizky (2016) The effect of the combination of peer and self-directed feedback on writing ability of students across English proficiency levels / Rizky Amelia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amelia, Rizky. 2016. Pengaruh Kombinasi Umpan Balik dari Teman Sebaya dan Diri Sendiri terhadap Kemampuan Menulis Siswa lintas Kemampuan Bahasa Inggris. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Mohammad Adnan Latief, M.A., Ph.D., (II) Dr. Enny Irawati, M.Pd. Kata Kunci: umpan balik teman sebaya dan diri sendiri, menulis, kemampuan berbahasa Inggris Adanya gap dalam pemberian umpan balik membawa penelitian ini melaporkan penggunaan kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri pada kemampuan siswa dalam menulis. Dengan hasil penelitian terdahulu yang tidak dapat dibandingkan satu sama lain, penelitian ini mencoba menyelidiki pengaruh kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan siswa sendiri dilihat dari kemampuan bahasa Inggrisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan tiga rumusan masalah yaitu apakah mahasiswa yang diberikan kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri memiliki kemampuan menulis yang lebih baik daripada yang tidak diberikan kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri dan apakah kemampuan bahasa Inggris yang tinggi dan rendah memberikan perbedaan pada efek umpan balik. Dengan menggunakan desain penelitian kuasi eksperimental hanya dengan posttest, penelitian ini melibatkan satu kelompok kontrol dan satu kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 57 mahasiswa semester enam pada mata kuliah Writing IV. Terdapat sepuluh pertemuan secara keseluruhan dengan enam pertemuan untuk perlakuan. Di akhir pertemuan, mereka diberikan tes menulis esai argumentatif dan data yang didapatkan digunakan untuk menjawab tiga rumusan masalah. Kemudian, data dihitung secara statistik dengan uji beda t-test sampel bebas untuk mencari apakah ada perbedaan signifikan antara nilai siswa pada kelompok kontrol dan eksperimen, siswa dengan kemampuan bahasa Inggris tinggi, dan siswa dengan kemampuan bahasa Inggris rendah pada kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang diberikan kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak diberikan kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri sebagaimana yang ditunjukkan oleh nilai p .000 lebih kecil daripada taraf signifikansi .05. Kemudian, mahasiswa dengan kemampuan bahasa Inggris tinggi di kelompok eksperimen juga mempunyai kemampuan menulis lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa di kelas kontrol dengan nilai p .008 lebih kecil daripada taraf signifikansi .05, sedangkan nilai p pada mahasiswa kelompok kemampuan bahasa Inggris rendah adalah .217 lebih besar daripada taraf signifikansi .05 yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan. Dengan demikian secara empiris ditemukan bahwa kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis mahasiswa dan kemampuan berbahasa Inggris mempengaruhi efek kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri direkomendasikan untuk mahasiswa dengan kemampuan bahasa Inggris tinggi, sedangkan umpan balik dari guru diberikan untuk mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Inggris rendah. Peneliti selanjutnya di bidang ini disarankan mencari mengapa mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Inggris rendah tidak mendapatkan keuntungan dari kombinasi umpan balik teman sebaya dan diri sendiri and menyelidiki pengaruh kombinasi umpan balik dari teman sebaya dan diri sendiri dilihat dari perbedaan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58791

Actions (login required)

View Item View Item