Developing picture-books based local fable for eighth grade students / Bila Nastiti Tasaufi - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing picture-books based local fable for eighth grade students / Bila Nastiti Tasaufi

Tasaufi, Bila Nastiti (2016) Developing picture-books based local fable for eighth grade students / Bila Nastiti Tasaufi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tasaufi Bila Nastiti. 2015. Developing Picture-Books Based Local Fable for Eighth Grade Students. Thesis PendidikanBahasaInggris Program Master UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Prof. UtamiWidiati M.A Ph.D and Dr. Suharmanto M.Pd. Kata kunci bukubergambar ceritabinatangdari Malang SekolahMenegah Pertama Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkansatupaketbukuceritabergambar yang dapatdigunakansebagai media untukmengajarkanBahasaInggrisdanceritalokal. Jumlahbuku yang dibuatadalahempatbukukarenaceritabinatang yang terdapat di Malang adaempat. Malang dipilihkarenasubjekpenelitianterdapat di kotaInidansangatjarangadaceritamengenai Malang. Keempatceritatersebutantara lain Kura-kuradanAngsa Garuda PasukanMonyet danMerakdanNelayan yang disajikanberdasarkankompetensikelasdelapan di semester dua. PenelitianinidiklasifikasikankedalamPenelitiandanPengembangan (R D) denganmenggunakanmodel ADDIE (Analisis Desain Development Implementasi danEvaluasi) dimodifikasidengan Borg dan Gall. Pada proses Analisis penelitimelihatkebutuhan di sekolah melihatkeberadaanproduk di tokobuku danmewawancaraiahli yang berhubungandenganproduk yang dikembangkan. Pada proses Desain penelitimendesainmateridaricetakbirudanmendesaingambarmenggunakan Adobe. Pada proses Development penelitimelakukanpengecekandanpencetakanprodukdengan printer digial. Pada proses Implementasi penelitimelakukanvalidasiahlidanujicobaproduk di sekolah. Pada proses Evaluasi penelitimeningkatkankualitaproduk yang akandigunakansebagaiprodukakhir. Hasildarianalisis (analisiskebutuhan) terlihatbahwamaterimengenaiceritalokal Malang sangatterbatas. Try out pertamadilakukan di kelas VII B di SMP Negeri 1 Tumpangpadatanggal3 Juni 2015. Try out keduadilakukan di kelas VII A di sekolah yang samapadatanggal 10Juni 2015. Secara general siswadan guru memberikankesanpositifterhadapprodukini. MerekamengatakanbahwabukubergambarinimenarikdanmembantupesertadidikdalambelajarBahasaInggris. Produkinijugadapatmenambahkepercayaandirisiswasehingga guru dapatdenganmudahmenilaiperformasiswa. Kesimpulannya hasilmenunjukkanbahwabukuceritabergambarbergunadanmenarikbagipesertadidik di kelasBahasaInggris. Beberapa saran ditambahkanuntuk guru bahasaInggrisdanpenelitiselanjutnya. Guru bahasaInggrisdapatmerencanakankegiatanlanjutanuntukmendiskusikanhasilperformasiswa yang bertujuan agar siswa berkembang dariumpanbalik guru. Untukpenelitiselanjutnya disarankanuntukmengembangkanprodukbukuceritabergambar yang lebihmenarikuntuktopik yang lain danangkatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58790

Actions (login required)

View Item View Item