Peningkatan pemahaman peninggalan sejarah praislam melalui model discovery learning pada siswa kelas IV SDN Dayu 01 Kabupaten Blitar / Laila Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman peninggalan sejarah praislam melalui model discovery learning pada siswa kelas IV SDN Dayu 01 Kabupaten Blitar / Laila Maharani

Maharani, Laila (2015) Peningkatan pemahaman peninggalan sejarah praislam melalui model discovery learning pada siswa kelas IV SDN Dayu 01 Kabupaten Blitar / Laila Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maharani Laila. 2015. Peningkatan Pemahaman Peninggalan Sejarah Praislam Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Dayu 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata kunci pemahaman sejarah praislam discovery learning dayu 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara oleh peneliti di SDN Dayu 01 Kabupaten Blitar diperoleh bahwa (1) guru menggunakan metode ceramah (teacher centered) siswa hanya duduk diam menyimak penjelasan guru. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan kurang menimbulkan inisiatif siswa untuk aktif belajar (2) guru tidak menggunakan media pada saat pembelajaran (3) jika dilihat dari kondisi kelas tidak ada satupun gambar peninggalan sejarah ataupun slogan di dinding kelas (4) guru juga tidak pernah mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran ke tempat peninggalan sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran peninggalan sejarah praislam pada siswa kelas IV SDN Dayu 01 Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman peninggalan sejarah praislam pada siswa kelas IV SDN Dayu 01 Kabupaten Blitar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilengkapi dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi tes catatan lapangan. Teknik analisis hasil penelitian yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat berjalan dengan baik dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu sebesar 82% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Selain itu penerapan model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman siswa yaitu pada saat pratindakan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 42% meningkat menjadi 68% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 89% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman peninggalan sejarah praislam pada siswa kelas IV SDN Dayu 01 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan hendaknya guru mempersiapkan segala hal yang diperlukan seperti RPP menggunakan model discovery learning dan metode yang bervariasi mengelola kelas dengan baik supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dan pembelajaran berjalan lancar memberikan perintah yang jelas untuk pengerjaan lembar kerja guru hendaknya menggunakan media yang bervariasi seperti video.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item