Amrina, Rosyi (2016) The effect of Collaborative Strategic Reading (CSR) on reading comprehension of students across different learning styles / Rosyi Amrina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amrina Rosyi. 2016. Pengaruh Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Pemahaman Membaca Siswa Lintas Gaya Belajar. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto M.Pd. (II) Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL. M.Pd. Kata Kunci CSR pemahaman membaca gaya belajar Pengajaran keterampilan membaca saat ini diharapkan dapat membantu siswa untuk menghadapi tantangan literasi dan mengembangkan keterampilan abad ke-21. Dibandingkan dengan strategi mengajar konvensional Collaborative Strategic Reading (CSR) lebih menjanjikan dalam memenuhi tuntutan tersebut. Penelitian eksperimental kuasi dengan desain faktorial 2x2 ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bernama CSR terhadap pemahamam membaca siswa ditinjau dari gaya belajar aktif dan reflektif. Pengaruh strategi CSR dibandingkan dengan strategi mengajar konvensional yang dilaksanakan melalui kegiatan membaca nyaring menerjemahkan kata Bahasa Inggris untuk menemukan artinya dan menjawab soal teks bacaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui interaksi antara strategi mengajar dan gaya belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 47 siswa kelas XI dari 2 kelas jurusan IPA di SMAN 1 Amuntai Provinsi Kalimantan Selatan. Siswa dalam grup eksperimen diajarkan dengan menggunakan strategi CSR pada kelas Bahasa Inggris sedangkan siswa dalam grup kontrol diajarkan dengan menggunakan strategi mengajar konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan membaca sebagai posttest kuesioner gaya belajar kuesioner persepsi siswa terhadap strategi CSR dan wawancara mengenai persepsi guru terhadap strategi CSR untuk trianggulasi data. Analisis statististik dilakukan dengan menggunakan program SPSS 18.0 untuk menguji hipotesis pada taraf signifikansi 0.05. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan pada nilai rerata pemahaman membaca antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi CSR dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi mengajar konvensional yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi .034. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori CSR dan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa strategi CSR efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Diketahui pula bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada pemahaman membaca antara siswa dengan gaya belajar aktif dan siswa dengan gaya belajar reflektif yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi .702. Selanjutnya tidak ada interaksi antara strategi mengajar dan gaya belajar siswa. Hasil yang tidak signifikan antara siswa dengan gaya belajar aktif dan siswa dengan gaya belajar reflektif disebabkan oleh manfaat setara yang diperoleh dua kelompok siswa tersebut dari berbagai komponen berbeda dalam strategi mengajar yang digunakan. Jika dibandingkan dengan siswa dengan gaya belajar reflektif siswa dengan gaya belajar aktif memperoleh lebih banyak efek positif dari kegiatan curah gagasan kerja kelompok diskusi dan penggunaan cue cards. Jika dibandingkan dengan siswa dengan gaya belajar aktif siswa dengan gaya belajar reflektif memperoleh lebih banyak efek positif dari kegiatan membaca pengajaran eksplisit dan permodelan dalam strategi CSR penggunaan learning log dan strategi-strategi dalam CSR yang bersifat prosedural. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan strategi CSR. Hal ini didukung dengan hasil wawancara dengan guru Bahasa Inggris. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi CSR merupakan strategi alternatif yang dapat membantu siswa memahami teks berbahasa Inggris dan meningkatkan pemahamam membaca siswa dalam konteks Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |