Kurniati, Susi (2016) Implementing team-pair-solo strategy using narrative video to improve the writing ability of the eight grade students at SMP Negeri 1 Bandar Lampung / Susi Kurniati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susi Kurniati 2016. Menerapkan Strategi Team-Pair-Solo (Berkelompok-Berpasangan-Individu) dengan menggunakan Video Narrative untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa Kelas Delapan pada SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Thesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (2) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata Kunci Strategi Team-Pair-Solo video narrative kemampuan menulis Penelitian ini mengimplementasikan penggunaan Strategi Team-Pair-Solo dengan penggunaan video narratif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Observasi awal terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam proses menulis cerita dalam bahasa Inggris. Selain mengalami kesulitan dalam menentukan ide cerita dan mengembangkan isi cerita siswa juga memiliki motivasi yang rendah dalam menulis. Hal ini disebabkan karena aktivitas pelajaran menulis dilakukan dengan metode yang kurang tepat dan media yang kurang menarik. Oleh karena itu peneliti menerapkan strategi dengan mengimplementasikan pembelajaran Team-Pair-Solo atau kerja Berkelompok-Berpasangan-Individu dengan menggunakan video narrative sebagai media pembelajaran yang menarik dan memotivasi. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas VIII 9 yang merupakan kelas dengan perolehan nilai menulis paling rendah yaitu dua puluh enam siswa dari tig puluh satu siswa tidak memenuhi KKM dalam test awal menulis. Sehingga Peneliti menerapkan strategi Team-Pair-Solo dengan menggunakan media video narrative untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa serta meningkatkan motivasi belajar menulis siswa. Sehingga pertanyaan dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategy Team-Pair-Solo dengan menggunakan video narrative mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Bandar Lampung . Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan strategi belajar berkelompok berpasangan dan individu. Data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi rubrik penilaian dan catatan lapangan. Dalam implementasinya penelitian ini dilakukan selama satu siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan penerapan strategi dan satu pertemuan tes kemampuan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktifitas pembelajaran siswa mengalami peningkatan score secara signifikan. Terdapat dua puluh enam siswa (84%) mencapai level menulis Very Good dengan nilai diatas 79 dan lulus nilai KKM sementara terdapat lima siswa (16%) meraih nilai di bawah KKM dua diantaranya (6%) meraih nilai 70 dan 75 dengan berada pada level menulis Good dan tiga siswa lainnya meraih nilai 60 dan 65 berada pada level menulis Fair . Keseluruhan siswa (100%) mengalami peningkatan nilai antara 10 hingga 65 poin dengan sembilan variasi rentang nilai. Peneliti menitik beratkan pada memotivasi siswa kemampuan siswa dalam menulis mengembangkan ide cerita memperkaya vocabulary dan bekerja sama kesediaan untuk membantu dan meminta bantuan dari teman. Yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar menulis meningkatkan kemampuan menulis siswa keakuratan penulisan dan kecerdasan interaksi sosial. Karena alasan tersebut dengan tercapainya kriteria keberhasilan maka strategi Team-Pair-Solo dengan menggunakan media video narrative dikatakan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Prosedur pelaksanaan strategi Team-Pair-Solo tersebut adalah sebagai berikut (1) membagi siswa dalam kelompok menuntun siswa untuk memahami unsur sebuah cerita (2) menunjukan video narrative pada siswa dan bertanya tentang video tersebut (3) siswa diminta bekerja didalam kelompok menemukan kosa kata baru ide cerita dan unsur cerita (4) siswa diminta bekerja berpasangan mengedit kalimat merevisi kalimat dan membangun sebuah paragraph sederhana (5) dan siswa diminta bekerja individu membangun dan mengembangkan cerita secara lengkap. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi ini sangat bermanfaat untuk memotivasi siswa dalam belajar menulis serta khususnya guru yang ingin meningkatkan kemampuan menulis siswa dan aktifitas pembelajaran mereka dengan menghadirkan pembelajaran yang menarik kreatif dan motivatif. Strategi ini bisa digunakan disatuan pendidikan manapun dengan terlebih dahulu disesuaikan dengankondisi siswa masing-masing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58788 |
Actions (login required)
View Item |