Employing graphic organizers through team-pair-solo strategy to improve reading comprehension ability of the eighth graders / Lina Satriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Employing graphic organizers through team-pair-solo strategy to improve reading comprehension ability of the eighth graders / Lina Satriyani

Satriyani, Lina (2016) Employing graphic organizers through team-pair-solo strategy to improve reading comprehension ability of the eighth graders / Lina Satriyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satriyani Lina. 2016. Penggunaan Graphic Organizers melalui Strategi Team-Pair-Solo untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas Delapan. Tesis Program Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Arwijati Wahjudi Murdibjono M.Pd. Dip. TESL. (II) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata kunci graphic organizers team-pair-solo kemampuan pemahaman membaca. Kemampuan siswa kelas delapan di SMPN 9 Kubung dalam memahami bacaan rendah.Ini dibuktikan dengan hasil dari tes saat penelitian pendahuluan dimana hanya 25% dari keseluruhan siswa yang bisa mencapai nilai minimal kelulusan 70.Ini disebabkan oleh adanya kesulitan dan masalah yang dimiliki oleh siswa.Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa dengan menggunakan graphic organizers melalui strategi Team-Pair-Solo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yang meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi.Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas delapan SMPN 9 Kubung pada akhir semester dua tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri atas 5 pertemuan termasuk pelaksanaan tes kemampuan membaca. Adapun instrumen yang digunakan antara lain tes kemampuan membaca lembar observasi catatan lapangan dan kuesioner. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai kelulusan minimal meningkat menjadi 26 siswa (81 25%) dalam tes kemampuan membaca. Langkah-langkah yang dilakukan siswa dalam pelaksanaan strategi ini adalah (1) bekerja dalam kelompok yang beranggotakan empat orang tiap anggota harus membaca secara individu dan memahami teks kemudian menjawab satu dari empat pertanyaan berbeda yang diberikan oleh guru (2) membahas jawaban satu per satu dan topik teks (3) setelah mendapatkan topik teks bekerja berpasangan (4) membaca ulang teks sementara mereka membuatgraphic organizers mereka masing-masing untuk teks yang dibaca (5) saling bertukar apa yang telah dibuat dan membaca graphic organizers teman serta mendiskusikan jawabannya (6) memberikan umpan balik terhadap pekerjaan teman (7) membahas apa yang ditulis atau komentar yang diberikan mengenai pekerjaannyauntuk mendapatkan klarifikasi tentang hal tersebut (8) bekerja secara individu untuk memperbaiki graphic organizersmereka berdasarkan umpan balik yang telah didiskusikan (9) menceritakan kembali teks dengan menggunakan graphic organizers mereka secara lisan dalam kelompok. Selain itu berdasarkan hasil dari lembar observasi dan catatan lapangan ditemukan bahwa sebagian besar siswa (87 5%) terlibat aktif dan antusias dalam proses belajar mengajar setiap kali mereka bekerja dalam tim pasangan ataupun solo. Selain itu dari kuesioner sebagian besar siswa (90%) memberi persepsi positif terhadap pelaksanaan strategi ini. Berdasarkan temuan penelitian peneliti merekomendasikan kepada guru Bahasa Inggris untuk menggunakan graphic organizer smelalui strategiTeam-Pair-Solo sebagai solusi alternatif untuk masalah serupa yang dihadapi oleh siswa dalam memahamiteks dengan mempertimbangkan waktu dan teks-teks yang sesuai.Sementara itu untuk para peneliti berikutnya disarankan bahwa mereka menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam melakukan penelitian yang serupa dan mereka juga bisa menggabungkan penggunaan graphic organizers yang lebih variatif untuk berbagai jenis teks terutama bagi peneliti yangakan melakukannya ditingkat lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58787

Actions (login required)

View Item View Item