Students motivation in English learning and types of literacy skills across gender / Sawitri Agustrianti

Agustrianti, Sawitri (2016) Students motivation in English learning and types of literacy skills across gender / Sawitri Agustrianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustrianti, Sawitri. 2016. Hubungan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa dan Jenis Keterampilan Literasi terhadap Perbedaan Gender. Magister Tesis, Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Bambang Yudi Cahyono, M.Pd, M.A., Ph.D., (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi, M.Pd., M.A. Kata Kunci: motivasi, keterampilan literasi , gender. Mengingat pentingnya memahami hubungan antara motivasi dan keterampilan literasi mahasiswa, serta bagaimana pengaruh gender terhadap proses pembelajaran bahasa, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar bahasa inggris mahasiswa dan keterampilan literasi terdadap perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan desain korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner mengenai motivasi belajar bahasa Inggris, tes pemahaman membaca, dan tes menulis. Penelitian ini melibatkan 100 mahasiswa dari program studi pendidikan bahasa inggris, Universitas Tadulako, Palu. Data yang telah diperoleh dianalisa menggunakan program SPSS 16, dengan menghitung koefisien korelasi metode korelasi Spearman. Selanjutnya, t-Test independen digunakan untuk mengetahui hubungan motivasi dan keterampilan literasi yang dilakukan baik oleh mahasiswa laki-laki dan perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa hal dapat disimpulkan. Pertama, ada korelasi positif yang tinggi antara motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris dan nilai mereka dalam keterampilan literasi baik dalam membaca (r = 0,628) dan menulis (r = 0,756). Hal ini menunjukan bahwa ketika mahasiswa termotivasi dalam belajar bahasa Inggris, mereka memiliki kesempatan yang tinggi untuk berprestasi baik dalam hal membaca maupun menulisnya. Kedua, ada korelasi positif yang tinggi antara nilai mahasiswa antara keterampilan membaca dan keterampilan menulis (r = 0,817). Hal ini menunjukkan bahwa ketika mahasiswa mendapatkan nilai yang tinggi dalam keterampilan membaca, prestasi mereka dalam menulis juga akan tinggi. Ketiga, tidak ada hubungan yang signifikan mengenai motivasi belajar bahasa Inggris antara mahasiswa laki-laki dan perempuan (0,308> 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa gender dalam penelitian ini tidak bertindak sebagai variabel penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar bahasa. Terakhir, tidak ada hubungan yang signifikan mengenai nilai keterampilan literasi antara mahasiswa laki-laki dan perempuan (0,449> 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini gender tidak menentukan nilai prestasi mahasiswa dalam keterampilan literasinya. Baik mahasiswa laki-laki maupun perempuan dalam penelitian ini memiliki kemampuan dan kesempatan yang relatif sama untuk mendapatkan nilai tinggi untuk keterampilan literasi, khususnya dalam membaca dan menulis. Oleh krena itu, guru atau dosen disarankan untuk meningkatkan motivasi di dalam kelas salah satunya dengan menciptakan situasi belajar yang lebih menyenangkan dan efektif agar mahasiswa dapat lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, guru/ dosen juga disarankan untuk mengintegrasikan pembelajaran membaca dan menulis, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi mahasiswa yang lebih baik dalam keterampilan literasi bahasa Inggris mereka. Peneliti lain dapat melakukan penelitian dalam lingkup pembelajaran bahasa inggris yang lebih luas. Peneliti lainnya juga dapat memilih mahasiswa jurusan non-bahasa inggris sebagai sampel, untuk mengetahui apakah penelitian itu memiliki hasil yang sama atau berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58785

Actions (login required)

View Item View Item