Indonesia EFL learners' learning strategies to develop speaking skill / Annysa Dwi Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Indonesia EFL learners' learning strategies to develop speaking skill / Annysa Dwi Cahyani

Cahyani, Annysa Dwi (2016) Indonesia EFL learners' learning strategies to develop speaking skill / Annysa Dwi Cahyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani Annysa Dwi. 2016. StrategiPembelajaranPembelajar Bahasa Inggrissebagai Bahasa Asing di Indonesia untukMengembangkanKeterampilanBerbicara. Tesis. Program PascaSarjanaPendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.NurMukminatien M.Pd. (II) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. Kata kunci strategipembelajaran keterampilanberbicara. Penelitianinibertujuanuntukmengidentifikasistrategipembelajaran yang digunakanpembelajar Bahasa Inggrissebagaibahasaasinguntukmengembangkanketerampilanberbicara di tingkatuniversitas. Khususnyamembandingkanpenggunaanstrategipembelajaranantaramahasiswatahunpertamadankedua. Penelitianinimenggunakandesaindeskriptif.Instrumen yang digunakanadalahkuesionerdanpanduanwawancara. Yang berpartipasidalampenelitianiniadalah 158 mahasiswadariJurusan BahasadanSastraInggris yangterdiridari 79 mahasiswadaritahunpertamadan 79 mahasiswadaritahunkedua. Data yang diperolehdarikuesionerkemudiandianalisismenggunakan SPSS versi 20. Sementara data yang didapatdari interview ditranskripsidandisimpulkan. Berdasarkanhasilanalisis data pembelajar Bahasa Inggrismenggunakan 42strategipembelajaranlangsungdantidaklangsungyang terdiridari 3 strategimemori 14strategikognitif 3strategikompensasi 9strategimetakognitif 7strategiafektif dan6strategisosial. Hasildariindependent samples t-testmenunjukkanbahwaterdapatperbedaan yang signifikanantaramahasiswatahunpertamadankeduapadapenggunaanempatstrategipembelajaranyaitu mencobamenjadipembelajar Bahasa Inggris yang lebihbaik (metakognitif) berbicarakepada orang lain tentangapa yang sayarasakansaatbelajar Bahasa Inggris (afektif) meminta orang lain untukberbicaralebihlambatataumengulangjikasayatidakmengerti dan berlatihberbicaradalam Bahasa Inggrisdenganteman (sosial). Data menunjukkanbahwamahasiswatahunpertamamenggunakanempatstrategitersebutlebihseringdaripadamahasiswatahunkedua. Sementaraitu tidakditemukanperbedaan yang signifikandalampenggunaanstrategipembelajaransecarakeseluruhan. Terkaitdenganpenggunaanstrategidalam level grup hasilanalisis data menunjukkanbahwamahasiswatahunpertamamemilihstrategisosialsebagaistrategi yang paling seringdigunakan. Sementaramahasiswatahunkeduamemilihstrategikompensasi. Terkaitdenganstrategi yang spesifik mahasiswatahunpertamadankeduamemilihstrategi yang sama yaitu berusahamenjadipembelajar Bahasa Inggris yang lebihbaik sebagaistrategi yang paling seringdigunakan. Di sampingitu mahasiswatahunkeduajugamemilih mengetahuikesalahan yang dibuatdanmenggunakaninformasitersebutuntukmeningkatkankemampuanberbicara . Strategiyang paling jarangdigunakanolehmahasiswatahunpertamaadalah memberikanhadiahkepadadirisendiriketikabisaberbicara Bahasa Inggrisdenganbagus sementaramahasiswatahunkeduamemilih menggunakansuara yang kerasketikamerasacemaswaktuberbicara Bahasa Inggris . Padaumumnyamahasiswamemilihstrategipembelajaranatasdasarempatalasan yang mencakupkegunaandaristrategi kepraktisanstrategi kenyamanan sertakesenangandalammenggunakanstrategi. Beberapa saran ditujukankepadapengajar/dosen Speaking danpeneliti lain. Untukpengajar/dosen Speaking disarankanuntukmeningkatkankesadaranmahasiswaakanpentingnyapenggunaanstrategipembelajaran. Perlunyamemperkenalkanstrategipembelajaranadalah agar pembelajardapatmemperkayapengetahuanmerekatentangstrategipembelajaran. Pengetahuantentangstrategipembelajarandanbagaimanamempraktekkannyaakanmembantupembelajardalam proses belajardanmembimbingmerekauntukbelajarsecaraindependen. Hal iniakanmembantupembelajaruntukmeningkatkankemampuanberbicaramereka. Untukpenelitilain disarankan agar menelitivariabel yang lebihluasdanmendalam misalnyamembahaspenggunaanstrategipadakemampuanberbahasaataukomponen Bahasa Inggris. Merekajugabisamembahasperbedaanpenggunaanstrategipembelajaranditinjaudaritingkatankemampuan motivasi kecemasan ataukepercayaandiri.Karenapenelitianinihanyamencakupduagrupmahasiswadari level yang berbedayaitumahasiswatahunpertamadankedua penelitianselanjutnyadisarankanuntukmembandingkangrupmahasiswadarisemua level yaitumahasiswatahunpertama kedua ketiga dankeempat. Di sampingitu penelitianinipadadasarnyabergantungpada data yang dilaporkanolehrespondensendiridalamkuesionerdanwawancara. Makadariitu disarankan agar penelitianselanjutnyamengumpulkan data darisumber lain sepertiobservasiataujurnal yang ditulisolehpembelajar agar memperolehhasil yang lebihkomprehensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58783

Actions (login required)

View Item View Item