Improving the speaking ability of the students of SMPN 17 Kec. Kep. Masaloka Raya through interactive storytelling strategy / Marzuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the speaking ability of the students of SMPN 17 Kec. Kep. Masaloka Raya through interactive storytelling strategy / Marzuki

Marzuki (2016) Improving the speaking ability of the students of SMPN 17 Kec. Kep. Masaloka Raya through interactive storytelling strategy / Marzuki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marzuki 2016.MeningkatkanKemampuanBerbicaraSiswaSMPN 17 Kec.Kep.Masaloka Raya melaluiStrategiBerceritaInteraktif.Tesis JurusanPendidikanBahasaInggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. (2) Dr. ArwijatiWahyudi Dip. TESL. M.Pd. Kata Kunci Berceritainteraktif aktivitaspembelajaran kemampuanberbicara. Penelitianinidimaksudkanuntukmengatasimaalhasiswa yang berhubungandengankurangnyakemampuanmerekadalamberbicara.Olehnyaitu penelitimenerapkanstrategiberceritainteraktifuntukmengatasimasalahtersebut.Sehingga pertanyaandalampenelitianiniadalah BagaimanastrategiberceritainteraktifmampumeningkatkankemampuanberbicarasiswapadakelasVIIIAdi SMPN 17 Kec.Kep.Masaloka Raya DesainpenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdenganmenggunakanstrategiberceritainteraktif.Data dansumber data dalampenelitianinidiperolehmelaluilembarobservasi rubrikpenilaian dancatatanlapangan.Dalamimplementasinya penelitianinidilakukanselama 2 siklus yang masing-masingsiklusterdiridari 6 pertemuanpenerapanstrategidan 2 pertemuanteskemampuanberbicara. Hasilpenelitianpadasiklus 1 menunjukkanbahwadarihasilteskemampuanberbicara ada17 siswa(72.27%) lulus dan5siswa(22.73%) tidak lulus. Hal inimenujukkanbahwaadapeningkatanhasilkemampuanberbicarasiswa.Sementaraitu darisegitingkatpartisipasi ada 8 siswa(36.36%) yang termasukdalamkategorisangataktif (SA) danada 14 siswa (63.64%) yang termasukdalamkategoriaktif (A). Karenahasil yang diperolehbelummemenuhikriteriakeberhasilan makastrategiinidirevisi.Hasildarisiklus 2 menunjukkanbahwadarisegikemampuanberbicara semuasiswa(100%) lulus.Sementaraitu padaaspekpartisipasisiswa ada 18siswaatau 81.82% yang sangataktif (SA) dan 4 siswaatau 18.18% yang termasukdalamkategoriaktif (A). Dengantercapainyakriteriakeberhasilan makastrategiberceritainteraktifdikatakanmampumeningkatkankemampuanberbicarasiswadanpartisipasimereka. Prosedurpelaksanaanstrategiberceritainteraktifyang telahterbuktimampumeningkatkankemampuanberbicarasiswadanpartisipasipembelajaranmerekaadalah (1) menunjukangambarpadasiswadanbertanyatentanggambartersebut (2) memberikan model dalammenceritakanceritapadasiswa (3) membagisiswadalamkelompok memberikancerita yang akanmerekapelajari lalumenuntunsiswauntukmemahamicerita yang ada (4) memintasiswauntukmembuatpertanyaan display danreferensial yang berkaitandengancerita kemudianmerekasalingbertukarpertanyaan agar dijawabolehtemandalamkelompoknya (5) memintasiswauntukbercerita bertanya danmenjawabpertanyaan (6) memintasiswauntukbertanyapada guru yang sekaligus guru memberikan model caramenjawabpertanyaan (7) memberipenjelasandansolusiterhadappermasalahansiswa yang merekaalamipadasaatbercerita bertanya danmenjawabpertanyaan (8) mengingatkankembalimasalah yang dialamiolehsiswadalamaktifitaspembelajaranmerekasertasolusibagaimanacaramengatasinya. Olehkarenaitu bagi guru yang mengahadapisituasi yang samadenganpenelitianini agar menerapkanstrategiinikarenasudahterbuktimampumeningkatkankemampuanberbicarasiswa. KepalaSekolahjugadiharapkan agar menyediakanbuku-bukucerita yang bisadigunakansebagaimateripengayaanuntuksiswa.Selainitu bagipenelitiselanjutnyayang inginmelakukanpenelitiandengankarakteristik yang samadenganpenelitanini bisamenggunakanstrategiinisebagaibahanrujukandalampenelitianmereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58782

Actions (login required)

View Item View Item