Gender representation in two EFL textbooks used in grade VII of junior high schools / Nicko Putra Witjatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Gender representation in two EFL textbooks used in grade VII of junior high schools / Nicko Putra Witjatmoko

Witjatmoko, Nicko Putra (2016) Gender representation in two EFL textbooks used in grade VII of junior high schools / Nicko Putra Witjatmoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Witjatmoko N. P. 2015. Gender Representation in Two EFL Textbooks Used in Grade VII of Junior High Schools. MagisterThesis PascasarjanaPendidikanBahasaInggris UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. NurMukminatien M.Pd. (2) Dr. MirjamAnugerahwati M.A Kata Kunci Representasi gender bukuteksBahasaInggris Kurikulum2006 Kurikulum2013 Denganbertambahnyakesadarantentangkesetaraanjender terasasangatpentinguntukmelihatbagaimanakesadarankesetaraanjender di bidangpendidikan.Dalambidangpendidikan sabuahbukutekstidakhanyadipandangasebagaisebuah medium baikbagi guru maupunsiswadalam proses belajarmengajar namunbukuteksjugadipandangsebagaisebuah medium yang dapatmerepresentasikandanmembentukjender para penggunanya. Sementaraitu bersamaandenganbergantinyaKurikulum 2006 keKurikulum 2013 buku yang digunakan pun jugaberganti.Olehkarenaitu dirasasangatperluuntukmelihatbagaimanabuku yang digunakandalamKurikulum 2013 menggambarkanjenderdenganbuku yang digunakandalamKurikulum 2006 sebagaipembandingnya. Untukmenjawabpertanyaanini penelitianiniakanmembandingkanbagaimanabukuKurikulum 2006 English in Focus for Grade VII (selanjutnyaakandisebutBuku A)danbukuKurikulum 2013 When English Rings a Bell (selanjutnyaakandisebutBuku B) merepresentasikanjender.Kemudianakandiketahuibukumana yang lebihmenampilkankesetaraanjenderdibandingkanbuku yang lain. Penelitianinimenggunakananalisisisidalammencarijawabanmengenaibagaimanakeduabukutersebutmerepresentasikanjender.Denganmengadopsi instrument yang telahdigunakanolehbeberapapenelititerdahulu(Stockdale 2006 Diktas 2011 danWienanda 2012) penelitianinimencaribagaimanakeduabukutersebutmenggambarkanjendermelaluibeberapafaktoryakni1) frekuensiteks yang berfokuspadajendertertentu 2) frekuensikarakterlaki-lakidanperempuan yang aktifdan yang non-aktif 3) frekuensijumlah kata yang terucapolehkarakterlaki-lakidanperempuan 4) frekuensipendahuluperbincangan 5) frekuensikemunculankarakterlaki-lakidanperempuandalamteksdangambar 6) daftarpekerjaan yang dimilikiolehkarakterlaki-lakidanperempuan 7) daftaraktifitas yang dilakukanolehkarakterlaki-lakidanperempuan 8) dandaftarlatarbelakanggambar yang menampilkankarakterlaki-lakidanperempuan. TemuandaripenelitianinimengungkapkanbahwapadaFaktor 1 Buku A lebihsetaradariBuku B dengan 17.34% untuk dialog yang dilakukanolehperempuansajadanlaki-lakisajasedangkanBuku B kurangsetarakarenahanyamenitikberatkanpada dialog yang dilakukanolehlaki-lakisajadenganpresentasi 43% darikeseluruhan dialog yang ada di Buku B. SelainituuntukFaktor 2 jumlahkarakterlaki-lakidanperempuanaktifdalamBuku A lebihbanyakdansetarajikadibandingkanBuku B denganperbedaanpresentasi yang kurangdari 1% saja (sedangkanbuku B mempunyaiperbedaanlebihdari 8%).UntukFaktor 3 Buku A menyajikanjumlah kata yang hampersetaraantarakarakterperempuandanlaki-lakidenganperbedaanpersentasi yang lagi-lagikurangdari 1%. Namun untukFaktor 4 Buku B nampaklebihsetaradalammenyajikankarakter yang memulaipembicaraandenganhanyamempunyaiperbedaanprosentase 6.44% dibandingkandenganBuku A yang mempunyaiperbedaanprosentase 8.13%. TemuanuntukFaktor 5 menunjukkanbahwaBuku A lebihmenyetarakanjenderdenganmemilikiperbedaanprosentase yang kurangdari 1% dibandingkandenganBuku B yang memilikiperbedaanlebihdari 15%.Sementaraitu untukFaktor 6 Buku A memberi 7 lebihbanyakpilihanbagikarakterlaki-lakidaripadaperempuansedangkanBuku B hanyamemberikanhanya 2 lebihbanyakpilihanuntukkarakterlaki-laki. UntukFaktor 7 keduabukutetapmemberikanpilihanlebihbanyakkepadakarakterlaki-laki namunbuku A mempunyaijumlahperbedaan yang lebihsedikitdariBuku B. TemuanpadaFaktor 8 mengungkapkanbahwaBuku A lebihsetaradariBuku B dalammenampilkangambarlatarbelakangpadakarakterlaki-lakidanperempuan. Dari penelitianinidapatdisimpulkanbahwaBuku A yang dibuatdandiaplikasikanpadaKurikulum 2006 menyajikanlebihbanyakmateri yang setaradalamjenderdaripadaBuku B yang ditulisdandiaplikasikanpadaKurikulum 2013.Namun meskipunsetaradalamhalangka padaBuku A masihbanyaksekaliditemukankasus-kasusstereotipesedangkanpadaBuku B ditemukantidaksedikitcontohbahwaBuku B inisudahmulaimeninggalkansudutpandangtradisionalmengenaijenderdanpekerjaan.Sebagaicontoh beberapailustrasidalamBuku B menggambarkanperempuanbekerjasebagaiseorangpolisiatauwanitakarir suatuhal yang tidakditemukandalamBuku A. Namun karenapenelitianinihanyamenitikberatkanpadajumlahfaktor yang telahdisebutkansebelumnya hendakanya para peneliti yang tertarikuntumenganalisakesetaraanjenderdalampendidikan di Indonesia dapatmenitikberatkanpadafaktor yang lain sepertidalampenggunaanbahasaseksis yang mungkinmasihterdapatdalambuku-buku yang digunakansebagaipendampingpelajaranBahasaInggris di kurikulumpendidikan Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58780

Actions (login required)

View Item View Item