Students' writing performances across different promt topic scopes: general, personal, and field-discipline / Dyah Ayu Nugraheni - Repositori Universitas Negeri Malang

Students' writing performances across different promt topic scopes: general, personal, and field-discipline / Dyah Ayu Nugraheni

Nugraheni, Dyah Ayu (2016) Students' writing performances across different promt topic scopes: general, personal, and field-discipline / Dyah Ayu Nugraheni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraheni Dyah Ayu. 2016. Hasil Tulisan Mahasiswa Menggunakan Prompt Lingkup Topik yang Berbeda Umum Personal dan Bidang-keilmuan. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Mukminatien M.Pd (II) Prof. Mohammad Adnan Latief M.A. Ph.D. Kata kunci hasil menulis prompt menulis topik umum topik personal topik bidang-keilmuan Dengan mempertimbangkan bagaimana menulis yang baik berhubungan dengan lingkup subject-matter topik yang berbeda penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil tulisan mahasiswa menggunakan topik umum topik personal dan topik bidang-keilmuan sebagai prompt menulis. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji pendapat mahasiswa tentang ketiga topik yang berbeda ruang lingkup tersebut. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto atau perbandingan kausal dengan menggunaan subyek yang sama dalam satu kelompok. Subyek penelitian ini berjumlah 31 mahasiswa non-Bahasa Inggris Jurusan Akuntansi yang mengambil Bahasa Inggris sebagai Mata Kuliah Umum di Universitas Kanjuruhan yang dipilih secara cluster random sampling. Hasil tulisan mahasiswa diperoleh dengan tes menulis masing-masing menggunakan topik umum topik personal and topik bidang-keilmuan. Pendapat mahasiswa tentang ketiga topik diperoleh melalui sebuah kuesioner setelah mengerjakan tes. Tes statistik parametrik Repeated Measure Anova digunakan untuk menganalisa data karena hanya ada satu grup yang memperoleh tes sebanyak tiga kali dan data telah memenuhi asumsi statistik yaitu data berdistribusi normal homogen dan linier. Hasil temuan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan (nilai-p .873) dalam hasil tulisan mahasiswa menggunakan topik umum topik personal dan topik bidang-keilmuan. Hasil temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa yang kemampuannya masih berada pada tingkat dasar menulis dengan hasil yang relatif sama menggunakan tiga lingkup topik yang berbeda. Dari hasil kuesioner mahasiswa merasa topik yang paling sulit secara berurutan dari topik umum topik bidang-keilmuan dan topik personal. Berkaitan dengan keakraban topik topik personal menjadi topik yang paling akrab dan disukai oleh mahasiswa. Hasil temuan pada kuesioner tidak terlalu sesuai dengan dengan temuan pada nilai tulisan mahasiswa karena sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa topik personal adalah topik yang paling mudah paling akrab dan paling disukai oleh mereka tetapi mereka tidak bisa menulis dengan topik personal dengan hasil tulisan yang paling bagus seperti yang ditunjukkan pada hasil temuan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil tulisan mahasiswa menggunakan topik umum topik personal dan topik bidang-keilmuan. Hal itu dapat disimpulkan bahwa variasi dalam prompt menulis tidak bisa banyak membedakan hasil tulisan mahasiswa pada tingkat dasar dikarenakan kemampuan mereka yang masih kurang dalam menulis esai yang bagus. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini beberapa saran ditujukan kepada guru/dosen Bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya. Untuk guru/dosen disarankan untuk mempertimbangkan membuat variasi dalam memberikan prompt menulis dalam hal subject-matter berdasarkan latar belakang pengetahuan dan tingkat kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa untuk mendapatkan hasil tulisan yang lebih bagus. Variasi dalam prompt menulis dapat berupa topik dengan lingkup yang berbeda kata-kata dalam prompt dan pilihan prompt. Sebuah prompt menulis harus berupa instruksi yang jelas kata-kata yang jelas tidak ambigu berhubungan dengan latar belakang pengetahuan mahasiswa dan dapat diakses oleh semua mahasiswa. Untuk peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang hampir sama tentang subject-matter dalam merancang tugas menulis bisa fokus terhadap variabel lain seperti memberikan lingkup topik yang berbeda pada mahasiswa yang berbeda cara belajar kognitif atau cara belajar personal. Mereka juga bisa menggunakan variasi subject-matter lainnya seperti kata-kata prompt atau pilihan prompt pada variabel-variabel yang berbeda diatas pada subyek penelitian yang berbeda dan dengan desain penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58778

Actions (login required)

View Item View Item