Developing multimedia-based thematic integrative vocabulary board games as media to learn English vocabulary for young learners / Savirah Jufri - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing multimedia-based thematic integrative vocabulary board games as media to learn English vocabulary for young learners / Savirah Jufri

Jufri, Savirah (2016) Developing multimedia-based thematic integrative vocabulary board games as media to learn English vocabulary for young learners / Savirah Jufri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Savirah Jufri. 2016. PengembanganPermainanPapanTematik Integrasi Berbasis Multimedia sebagai Media PembelajaranKosakataBahasaInggrisbagiPembelajarMuda.Tesis.JurusanPendidikanBahasaInggris PendidikanPascaSarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd. Keywords permainanpapanberbasismultimedia kosakatabahasaInggris pembelajarmuda. Bertolakdarikurangnya media yang digunakandalampembelajaranbahasaInggrisbagipembelajarmuda makamenyebabkankurangnyamotivasiparapembelajarmudadalammempelajaribahasaInggris terutamakosakatabahasaInggris.Dalamhalini penggunaanpermainanberbasis multimedia sangatmembantumemotivasidanmemperkuatpenguasaankosakatabahasaInggrispembelajarmuda.Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanpermainanpapantematik integrasi berbasismultimedia sebagai media pembelajarankosakatabahasaInggrisbagipembelajarmuda. Penelitianini mengadaptasidesainpenelitian Research and Development (R n D) oleh Borg and Gall (1989) yang terdiridaribeberapatahapansebagaiberikut analisiskebutuhan perencanaan pengembanganproduk validasiproduk danujicobaproduk. Untukmendesainpermainanpapandalampenelitianini makandesainpenelitiantersebutdikombinasikandenganprosedurpengembanganpermainanolehTrueblood and Szabo (1974).Langkah-langkahuntukmengembangkanpermainannyaadalahsebagaiberikut penentuantujuanpermainan pengembanganmateripermainan pengembanganaturan-aturandanprosedurpermainan pengembanganumpanbalik pengembangantantangandalampermainan pengembanganvariasi danevaluasipermainan. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahprotokolwawancara untuk guru bahasa Inggris guru infomasi dan komunikasi teknologi dan siswa angketuntuk guru bahasa Inggris dan siswa sertalembarvalidasi untuk para ahli. Hasildaripenelitianiniadalahsatupaket CD interaktifdansebuahbuku manual dalam dua bahasa bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Hasilanalisispadatahapvalidasidanujicobaprodukmenunjukkanbahwaparaahli guru dansiswasekolahdasarmemberiresponpositifterhadapprodukpenelitianini meskipunadasedikitperbaikandalamsegitampilandanpenulisanpadabuku manual. Hasildariujicobaprodukmembuktikanbahwatujuanpenelitiantelahtercapai.Produkpenelitianinidirancang agar bisabergunabagiparapembelajarmudasebagi media pembelajaranbahasaInggris danbagipara guru sebagai media alternatifdalampengajaranbahasaInggris. Hasil dari penelitian ini juga diharapkan bisa membantupenelitilainnya yang mempunyaitujuan yang samadenganpenelitianiniuntukdigunakansebagaibahanreferensipengembangan media berbasisteknology.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58776

Actions (login required)

View Item View Item