Harun, Ali (2016) The effect of using DRTA strategy on reading comprehension across students' personality / Ali Harun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Harun Ali. 2015. Pengaruh Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy terhadap Pemahaman Membaca Ditinjau dari Kepribadian Siswa. Thesis. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Mohammad Adnan Latief M.A Ph.D. (II) Dr. Suharmato M.Pd Kata Kunci Pemahaman Membaca DRTA Strategy Extrovert Introvert. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan DRTA Strategy terhadap pemahaman membaca siswa dengan kepribadian yang berbeda. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Siswa tahun kedua dari MTs Nasruddin yang diajar menggunakan DRTA Strategy mendapatkan pencapaian yang lebih baik dalam pemahaman membaca dibandingkan siswa yang diajar menggunakan Questioning Strategy. Adanya perbedaan statistik antara siswa ekstrovert dan siswa introvert dalam hal pencapaian pemahaman membaca. Adanya interaksi antara DRTA Strategy dan kepribadian siswa. Penelitian ini mengunakan design faktorial post-test yang melibatkan siswa tahun kedua di MTs Nasruddin Malang Jawa Timur tahun akademik 2015/2016. Skor pemahaman membaca siswa diperoleh dari test pemahaman membaca. Untuk menggolongkan siswa kedalam kepribadian ekstrovert dan introvert menggunakan kuesioner. Jumlah siswa ekstrovert di kelompok eksperimental adalah 18 orang dan 15 orang di kelompok kontrol. Sedangkan siswa introvert berjumlah 14 orang di kelompok eksperimental dan 20 orang di kelempok kontrol. Tes homogenitas dilakukan untuk melihat tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimental dan kelompok kontrol sebelum menerapkan penelitian berdasarkan skor yang didapat siswa sebelumnya. Hasil dari data analisis menunjukan rata-rata skor siswa di kelompok eksperimental yang menerapkan DRTA Strategy dan siswa di kelompok kontrol berbeda dalam hal statistik (Sig. 0.001 Sig. 0.05). Ini menunjukkan bahwa DRTA Strategy mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pengajaran pemahaman membaca. Analisis data berdasarkan kepribadian siswa menunjukkan bahwa skor dari siswa ekstrovert lebih baik dibandingkan siswa introvert dalam kemampuan pemahaman membaca. Rata-rata skor dari siswa ekstrovert adalah 66.87 sedangkan rata-rata skor dari siswa introvert adalah 56.91. Hasil penghitungan dari independent sample t-test menunjukkan bahwa level signifikan dari skor siswa ekstrovert lebih kecil dari 945 0.05 (Sig. 0.003 Sig. 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan significan antara skor siswa ekstrovert di kelompok eksperimental dan di kelompok kontrol. Sedangkah hasil dari independent sample t-test untuk skor siswa introvert lebih besar dari 945 0.05 (Sig. 0.090 Sig. 0.05). Ini menunjukkan bahawa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara skor siswa introvert di kelompok eksperimental dan dikelompok kontrol. Berdasarkan hasil diatas dapat dilihat bahwa adanya interaksi antara DRTA Strategy dengan kepribadiaan siswa tetapi hanya untuk siswa yang berkepribadian ekstrovert sehingga dapat dikatakan bahwa DRTA Strategy berpengaruh terhadap pembelajaran pemahaman membaca khususnya siswa yang berkepribadian ekstrovert. DRTA strategy bisa disarankan menjadi sebuah strategi alternatif untuk mengajarkan pemahaman membaca kepada siswa. Untuk peneliti berikutnya disarankan untuk menyelidiki pengaruh DRTA Strategy dalam area yang berbeda misalnya gaya belajar kognitif siswa motivasi dan lain sebagainya karena berdasarkan penelitian ini interaksi hanya terjadi pada siswa yang mempunyai kepribadian ekstovert
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |