EFL students' writing anxiety and their writing performance / Nur Izzati Fajriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

EFL students' writing anxiety and their writing performance / Nur Izzati Fajriyah

Fajriyah, Nur Izzati (2016) EFL students' writing anxiety and their writing performance / Nur Izzati Fajriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajriyah Nur Izzati. 2016.KecemasanMahasiswa EFL dalamMenulisdanPrestasinyadalamMenulis. Tesis. Program StudiPendidikanBahasaInggris. Program Pascasarjana.UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Prof. A. Effendi Kadarisman M. A. Ph.D Key words menulis kecemasandalammenulis prestasidalammenulis Dengan melihat perkembangan minat dalampenelitianterhadap level tipe penyebab dan efek kecemasan dalam menulis bahasa asing atau bahasa kedua terhadap prestasi menulis mahasiswa EFL selama tiga dekade terakhir sumber-sumber potensial dari fenomena tersebut ternyata belum banyak diteliti dan diidentifikasi khususnya dalam konteks mahasiswa EFL Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini banyak menggali dan menginvestagasi level tipe faktor-faktor penyebab kecemasan dalam menulis serta korelasi antara kecemasan dalam menulis dan prestasi mahasiswa dalam menulis dalam konteks mahasiswa EFL Indonesia. Sebuahpendekatanmetodegabungandigunakandalampenelitianiniuntukmenjawabrumusanmasalah.Metode yang digunakanadalahdenganmendeskripsikandanmengkorelasikan data yang telahdikumpulkan.olehkarenaitu data kuantitatifdankualitatifdikumpulkandandianalisissecaraberturut-turut. Sejumlahseratussepuluhmahasiswa (46 mahasiswalaki-lakidan 64 mahasiswaperempuan) darijurusanBahasaInggris di Universitas Islam Negeri Malang danUniversitasKanjuruhan Malang sertadua orang dosenjurusanBahasaInggrisuntukmatakuliahmenulisterlibatdalampenelitianini. secarakuantitatif duajeniskuesioner survey (Second Language Writing Anxiety Inventory danSources of Writing Anxiety Questionnaires)dannilaimenulismahasiswadigunakanuntukmenginvestegasi level tipe faktor-faktorsertakorelasikecemasanmahasiswadalammenulisdanprestasimenulismereka. untukfasekualitatif delapanmahasiswadengantingkatkecemasantinggi delapanmahasiswadengantingkatkecemasanrendahsertadua orang dosenmatakuliahmenulisdiwawancaraisecara personal untukmemperdalampemahamantentangfaktor-faktor yang memungkinkanmenyebabkankecemasandalammenulis yang dialamiolehmahasiswa. Selainitu diskusikelompokdengantiga orang mahasiswadarimasing-masinguniversitasjugadilaksanakanuntukmenggalipandanganmerekatentangstrategi yang biasanyaatauperludilakukanuntukmenyelesaikanmasalahkecemasandalammenulis.Data kuantitatifdikodingdandimasukkankedalam program SPSS yang digunakanuntukmenghasilkantabulasi data statistikadeskriptifdantesScheffe hoc untukmengujiperbedaansignifikan di antarafaktor-faktorkecemasandalammenulis yang paling seringmuncul.Secarakualitatif data deskriptifdianalisisdenganmenggunakanmetodeanalisisdeduktifdaninduktif. Hasiltemuandaripenelitianinimenunjukkanbahwamahasiswasebagairespondenpenelitianinimengalamikecemasandalammenulispadatingkatan yang tinggiketikamerekamenulisdalamBahasaInggris.Selainitu kecemasansomatismerupakantipekecemasandalammenulis yang paling banyakdihadapiolehmahasiswa.Hal iniberartibahwamerekamengalamiaspek-aspekdanefek-efekpsikologissepertitekanan grogi danperasaantidaknyamanketikamerekahendakmenulisatauketikamerekasednagmenulisdalamBahasaInggris.Lebihdaripadaitu jugaditemukanbahwatingkatkecemasan yang tinggidalammenulis paling banyakdisebabkanolehfaktor-faktorkognitifdan linguistic (kebahasaan).Untukrumusanmasalahterakhirdalampenelitianini ditemukanbahwasanyaadakorelasinegatif yang signifikanantaranilaimenulismahasiswadengantingkatkecemasanmerekadalammenulis.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwasemakintinggitingkatkecemasanmahasiswadalammenulis semkainrendahnilai yang merekaperolehdariaktivitasmenulis begitujugasebaliknya.Berdasarkantemuan-temuanini implikasidan saran-saran pedagogisjugadisampaikanuntukparapendidik pembuatkebijakandanpenelitilainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58774

Actions (login required)

View Item View Item