Discourse markers used by undergraduate students in argumentative writing / Ahza Lina Haririn - Repositori Universitas Negeri Malang

Discourse markers used by undergraduate students in argumentative writing / Ahza Lina Haririn

Haririn, Ahza Lina (2016) Discourse markers used by undergraduate students in argumentative writing / Ahza Lina Haririn. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haririn A. L. 2015. Penanda Wacana yang Digunakan oleh Mahasiswa dalam Teks Argumentatif. Tesis. Pendidikan Bahasa Inggris. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto M.Pd. (II) Dr. Arwijati Wahjudi Dip. TESL M.Pd. Keywords Penanda wacana kesatuan dalam teks teks argumentatif. Penanda wacana (DMs) memiliki peranan penting untuk membangun kesatuan dalam teks. DMs dianggap sebagai elemen pengikat yang berguna untuk membangun koherensi dalam menciptakan sebuah wacana yang bermakna. Dengan pertimbangan bahwa mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris maka kemampuan mahasiswa dalam menggunakan DMs untuk komunikasi perlu untuk diteliti. Dengan demikian studi ini bertujuan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam menggunakan DMs dalam teks argumentatif. Selain itu karena dalam beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ada kecenderungan dari jenis tertentu dari DMs yang memiliki frekuensi tertinggi dari tiga tipe DMs (penanda wacana elaboratif penanda wacana kontrastif dan penanda wacana inferensial) penelitian ini juga berusaha untuk meneliti frekuensi DMs yang ditemukan dalam tulisan mahasiswa. Berdasarkan beberapa masalah yang terjadi dalam penggunaan DMs masalah penelitian ini dikembangkan menjadi beberapa pertanyaan (1) Apa saja jenis penanda wacana yang digunakan dalam teks argumentatif siswa (2) Bagaimana mahasiswa menggunakan penanda wacana dalam teks argumentatif mereka (3) Apa masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menggunakan DMs dalam teks argumentatif . Penelitian ini menggunakan desain kualitatif untuk mengembangkan penelitian. Sumber data diperoleh dengan memberikan tes tertulis kepada 27 mahasiswa yang telah menyelesaikan semua mata pelajaran menulis sebagai persyaratan akademis mereka di Universitas Islam Negeri Malang. Setelah mendapatkan data dari tes peneliti menganalisis DMs yang digunakan dalam teks dengan memeriksa penggunaan DMs dalam teks serta kesesuaian dan ketidaktepatan mereka mengenai penggunaan DMs dalam teks. Untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam menggunakan DMS dalam teks peneliti juga menggunakan rubrik nilai untuk DMs yang digunakan untuk penilaian. Dari skor yang diperoleh mahasiswa kemudian peneliti melakukan wawancara untuk perwakilan mahasiswa untuk setiap tingkat kemampuan yang digunakan untuk mendapatkan latar belakang pengetahuan mahasiswa dan untuk memberikan informasi tambahan tentang kemampuan mahasiswa dalam menggunakan DMs dalam esai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis DMs yang sering digunakan oleh mahasiswa adalah penanda wacana elaboratif (EDM) dan diikuti oleh penanda wacana inferensial (IDM) dan penanda wacana kontrastif (CDM). Meskipun demikian ternyata EDM memiliki tingkat ketidak sesuaian penggunaan yang tinggi dalam teks. Dengan menilai kemampuan mahasiswa dalam menggunakan DMs dalam teks mereka diperoleh bahwa mahasiswa memiliki kemampuan rata-rata dalam menggunakan DMs dalam teks. Dari hasil penelitian juga diungkapkan bahwa semua masalah yang umum terjadi dalam teks yang ditulis oleh mahasiswa adalah pertukaran non-setara penggunaan DMs yang berulang secara logika tidak tepat penggunaan hubungan yang salah semantik yang tidak jelas gangguan dan salah dalam penerjemahan. Dengan demikian beberapa saran dianjurkan dari temuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan DMs dalam teks. Pertama mahasiswa harus melatih diri mereka untuk mengerjakan soal latihan tentang DMs dengan tujuan agar mereka dapat memahami penggunaan DMs yang tepat dalam teks. Saran yang kedua adalah agar mereka sering membaca contoh teks yang memuat penggunaan DMs yang tepat dalam teks.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58773

Actions (login required)

View Item View Item