I-writing: a CEFR-aligned e-writing assessment as the final school examination in the senior high school Milieu / David Imamyartha - Repositori Universitas Negeri Malang

I-writing: a CEFR-aligned e-writing assessment as the final school examination in the senior high school Milieu / David Imamyartha

Imamyartha, David (2016) I-writing: a CEFR-aligned e-writing assessment as the final school examination in the senior high school Milieu / David Imamyartha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imamyartha David (2015). I-Writing SebuahPenilaian e-Writing yang Tersejajardengan CEFR sebagaiUjianAkhirSekolah di ranahSekolahMenengahAtas. Tesis. Program StudiPendidikanBahasaInggris PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. Kata kunci keabsahantes I-Writing tersejajardenganCEFR e-assessment Penelitaninidilandasiolehmasalahkeabsahanujianmenulis yang terdapat di beberapaSekolahMenengahAtas di Indonesia. Hambatan administrasi yang luas dari tes menulis bahkan telah menyebabkan teka-teki dalam administrasinya. Dikhususkan untuk memecahkan masalah tesmenulis studi ini ditujukanuntukmenerapkankerangkarujukan yang lazim di Eropa (CEFR) dane-assessment. Penelitian ini menerapkanmetodePenelitian dan Pengembangan (R and D) untuk mengatasi masalah pendidikan yang berkaitan dengan tes menulis. Bagian penelitiandilaksanakan melalui studi kasus pada tiga SMA di Malang untuk menyelidiki masalah keabsahan tesmenulis sebagai ujian akhir sekolah dan untukmenghasilkan sejumlah data sebagai dasar untuk pengembangan produk. Bagianpenelitian dari studiinimenggaliberagam data untuk pengembangan produk. Semua tes yang diteliti dalam studi kasus terbukti tercemar dengan masalah-masalah keabsahan tes. Sebuah tinjauan literatur terkait menghasilkankemampuan bahasa komunikatif(CLA) yang teradaptasi dalam tes menulis dan model kompetensi menulis. Duaproduktersebutberkaitandengankanon retorika dan penilaian berbasis kognitif pada dari dan untuk pembelajaran (CBAL ). Kedua konsep tersebutkemudian merancah pengembangan konstruksi tes rubrik penilaian multi-ciri pernyataanBisa-Melakukan I-Writing danskalakemahiran I-Writing. Dalam penyelarasan I-Writing denganCEFR adaempat langkah yang diterapkan 1 ) pengenalan 2 ) spesifikasi 3 ) standarisasi dan 4 ) validasi empiris. Setelah tryout dan validasi ahli ditemukan bahwa I-Writing telah terbukti valid. Validasi ahlimenunjukan kualitas produk yang cukuptinggi dalam skala 1sampai5 denganrincianpenilaiansebagai berikut keabsahan berbasisteori(4 00) keabsahan konteks (4.60) keabsahan skor (4 28) keabsahan konsekuensial (4 00) otentisitas ( 5.00) dan keinteraktifan(4 60). Validasi empiris berhasil menguatkan validasi ahli sebabjugamenunjukanpenilaian tinggi yang meliputipenilaian berikut keabsahan berbasisteori(3 96) keabsahan konteksmenurut siswa (4 11) keabsahan konteks menurut guru (3 90) keabsahanpenilaianberdasarkan survei (4 15) keabsahanpenilaian berdasarkan ujicoba (4 31) keabsahan konsekuensial menurut siswa (4 11) keabsahan konsekuensial menurut guru (4 29) otentisitas (4 66) keinteraktifan (4 36) kepraktisan menurut guru (3 99) kepraktisan menurut siswa (3 57) dan kegunaansitus I-Writing (4.15). Validasi inijuga membuktikan penyelarasan I- Writing denganCEFR. Namun beberapa aspek dari produk tetap memerlukan revisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58771

Actions (login required)

View Item View Item