The effect of textual enhancement as implicit instruction in teaching passive voice on the eleventh graders' passive voice achievement / Julien Arief Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of textual enhancement as implicit instruction in teaching passive voice on the eleventh graders' passive voice achievement / Julien Arief Wicaksono

Wicaksono, Julien Arief (2016) The effect of textual enhancement as implicit instruction in teaching passive voice on the eleventh graders' passive voice achievement / Julien Arief Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Julien Arief. 2015. Efektifitas dari Textual Enhancement sebagai Materi Implisit dalam Pengajaran Passive Voice pada Pencapaian Passive Voice Kelas Sebelas. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Enny Irawati M.Pd (II) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd Kata kunci Pengajaran Textual Enhancement Pencapaian Passive Voice Siswa Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas textual enhancement terhadap pencapaian passive voice siswa. Untuk mengetahui keefektifan dari textual enhancement dua macam pengajaran diterapkan terhadap dua grup. Pengajaran pertama adalah pengajaran dengan penambahan yang mana mencakup textual enhancement dan penjelasan aturan dari passive voice dan pengajaran eksplisit yang mana hanya mencakup penjelasan aturan dari passive voice saja. Penelitian ini menggunakan desain semi-eksperimen yang memberikan tes-awal dan akhir dengan pengambilan kelompok secara tidak acak. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 yang terdiri dari 32 siswa sebagai grup eksperimen dan kelas XI MIPA 1 yang terdiri dari 34 siswa sebagai grup kontrol. Kedua kelas tersebut berasal dari SMAN 4 Jember pada semester kedua (genap) tahun akademik 2014/2015. Dari hasil penelitian didapati beberapa temuan. Pertama siswa yang diajarkan dengan menggunakan pengajaran dengan penambahan memiliki pencapaian passive voice yang lebih baik dari siswa yang hanya diajarkan menggunakan pengajaran secara eksplisit saja dalam pengajaran passive voice. Dengan kata lain textual enhancement mempunyai efek yang signifikan terhadap pencapaian passive voice siswa. Yang kedua textual enhancement lebih efektif untuk diimplementasikan kepada siswa yang tergolong sebagai kelompok asor daripada siswa yang tergolong sebagai kelompok unggul. Yang ketiga temuan dari kuesioner menyimpulkan bahwa siswa merasa mereka terbantu dalam passive voice dengan diimplementasikannya textual enhancement. Siswa mereasa lebih awas fokus dan mudah mengenali pola dari passive voice. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran untuk peneliti- peneliti selanjutnya. Pertama dianjurkan untuk melakukan interview secara mendalam untuk mendapatkan data lebih agar dapat menyempurnakan temuan dari penelitian ini. Kedua jumlah tatap muka yang lebih banyak sangat diperlukan untuk mendapatkan data yang signifikan untuk membuktikan tingkat keefektifan dari textual enhancement. Peneliti-peneliti selanjutnya dapat meneliti textual enhancement yang dikorelasikan denngan variable lain seperti jenis kelamin dan usia atau mungkin mengasosiasikannya dengan persepsi siswa terhadap textual enhancement dan passive voice. Saran lain ditujukan bagi para pengajar. Textual enhancement bisa digabung dengan penjelasan aturan pada pengajaran passive voice agar mendapatkan hasil maksimal dalam pencapaian passive voice. vi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58770

Actions (login required)

View Item View Item