Peningkatan pemahaman aktivitas ekonomi melalui penerapan metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar / Gayuh Gigih Laksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman aktivitas ekonomi melalui penerapan metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar / Gayuh Gigih Laksono

Laksono, Gayuh Gigih (2015) Peningkatan pemahaman aktivitas ekonomi melalui penerapan metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar / Gayuh Gigih Laksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laksono Gayuh Gigih. 2015. Peningkatan Pemahaman Aktivitas Ekonomi Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si (II) Dra. Sutansi M.Pd Kata kunci peningkatan pemahaman aktivitas ekonomi metode diskusi. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) pada pembelajaran guru banyak menggunakan metode ceramah sedangkan siswa hanya duduk menyimak penjelasan guru dan sedikit yang aktif dalam pembelajaran (2) aktivitas yang ada di lingkungan sekolah adanya jual beli sehingga siswa mengenal aktivitas ekonomi adalah jual beli (3) guru tidak menggunakan media pada saat pembelajaran papan tulis yang sering dimanfaatkan dan (4) wawasan siswa masih rendah tentang aktivitas ekonomi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam pembelajaran aktivitas ekonomi di SDN Sentul 2 Kota Blitar dan (2) mendiskripsikan peningkatan pemahaman aktivitas ekonomi melalui penerapan metode diskusi di SDN Sentul 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi catatan lapangan dan test hasil belajar. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menudukung penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) soal tes formatif. Data dianalisis dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas ekonomi menggunakan metode diskusi berjalan dengan baik. Siswa terlihat antusias dalam kegiatan pembelajaran aktivitas ekonomi menggunakan metode diskusi. Penggunaan metode diskusi juga mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil siklus I adalah 70 dengan persentase copletenes 60% dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan 92%. Peningkatan persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Diskusi dilakukan dengan baik guru telah melakukan pembelajaran sesusai dengan langkah-langkah pembelajaran diskusi. Pembelajaran aktivitas ekonomi menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar. Saran bagi guru seharusnya dalam pelakasanaan kegiatan pembelajaran mampu menggunakan media yang sesuai dengan materi ajar yang akan disampaikan kepada siswa serta menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5877

Actions (login required)

View Item View Item