Setiarini, Rimbi Budi (2016) An investigation of two types of media used in listening comprehension test across age levels: recorded vs. unrecorded / Rimbi Budi Setiarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiarini Rimbi Budi. Sebuah Kajian terhadap Dua Tipe Media yang Digunakan dalam Tes Menyimak Bahasa Inggris Lintas Tingkatan Usia Rekaman dengan Bukan Rekaman. Tesis. Program Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A (II) Dr. Enny Irawati M.Pd Kata kunci Dua Tipe Media Tes Menyimak Bahasa Inggris Tingkatan Umur Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penggunaan dua tipe media dalam tes menyimak bahasa Inggris berdasarkan tingkatan usia siswa. Dua tipe media yang digunakan dalam hal ini adalah media rekaman dengan menggunakan pembicara native dan media bukan rekaman dengan menggunakan pembicara non-native. Untuk mengakomodasi persyaratan di atas penelitian ini menggunakan desain experimental dengan menggunakan repeated measures pada kedua kelompok. Ada dua kelompok yang terlibat sebagai subyek dalam penelitian ini. Kelompok pertama adalah kelas 5A ICP pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015 di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 22 siswa sebagai perwakilan dari siswa anak-anak. Kelompok selanjutnya adalah kelas Psikologi A di Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang yang merupakan mahasiswa semester dua tahun ajaran 2014/2015 yang mengambil pelajaran bahasa Inggris sebagai mata kuliah ESP yang terdiri dari 15 siswa sebagai perwakilan dari siswa dewasa. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama media bukan rekaman lebih efektif digunakan untuk siswa anak-anak. Kedua berdasarkan hasil dari perhitungan data menunjukkan bahwa dua tipe media tidak memberikan pengaruh apapun terhadap hasil tes menyimak bahasa Inggris yang dilakukan pada siswa dewasa. Oleh karena itu kedua media dapat digunakan untuk tingkatan siswa dewasa. Ketiga tidak adanya interaksi antara penggunaan dua tipe media dengan tes menyimak bahasa Inggris dan tingkatan usia siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian ini ada beberapa saran yang berguna untuk peneliti-peneliti selanjutnya di masa yang akan datang. Pertama peneliti sebaiknya menggunakan subyek-subyek yang memiliki motivasi yang serupa dalam mempelajari bahasa Inggris. Kedua peneliti sebaiknya menggunakan pembicara non-native pada kedua media (rekaman dan bukan rekaman). Materi yang digunakan dapat di ambil dari YouTube untuk media bukan rekaman dengan menggunakan pembicara non-native. Ketiga peneliti disarankan untuk mengikutsertakan semua tingkatan usia (termasuk remaja) dalam penggunaan media untuk kajian yang akan dilakukan. Terakhir siswa anak-anak dapat diberi tes dengan menggunakan media bukan rekaman sedangkan pada siswa dewasa dapat diberi tes dengan menggunakan kedua media rekaman maupun bukan rekaman. vi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |