The use of cohesive devices in English blog contents written by Indonesian blog writers and English Department students / Gullit Tornado Taufan - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of cohesive devices in English blog contents written by Indonesian blog writers and English Department students / Gullit Tornado Taufan

Taufan, Gullit Tornado (2016) The use of cohesive devices in English blog contents written by Indonesian blog writers and English Department students / Gullit Tornado Taufan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taufan Gullit Tornado. 2015.Penggunaan Perangkat Kohesif pada Konten Blog Berbahasa Inggris yang Ditulis oleh Penulis Blog Indonesia dan Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (2) Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. Kata Kunci perangkat kohesif konten blog berbahasa Inggris Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui penggunaan perangkat kohesif pada konten blog berbahasa Inggris yang ditulis oleh penulis blog Indonesia dan mahasiswa program studi Bahasa Inggris. Penulis blog adalah mereka yang secara aktif menulis konten-konten berbahasa Inggris dan bergabung dalam forum bernama ads.id. Mahasiswa program studi Bahasa Inggris merupakan mahasiswa yang telah menyelesaikan sebagian besar beban perkiliahan dan sedang menempuh tahun terakhirnya pada jenjang S1. Penelitian ini menyajikan tiga rumusan masalah (1) Jenis-jenis perangkat kohesif apakah yang digunakan oleh penulis konten Indonesia (2) Jenis-jenis perangkat kohesif apakah yang digunakan oleh mahasiswa program studi Bahasa Inggris dan (3) Bagaimanakah perbedaan antara penulis blog dan mahasiswa Bahasa Inggris dalam hal penggunaan perangkat kohesif Data yang dianalisa dalam penelitian ini adalah 15 tulisan yang ditulis oleh penulis blog dan 15 teks yang ditulis oleh mahasiswa program studi Bahasa Inggris. Teks yang ditulis oleh para penulis blog bertopik Home Improvement dengan panjang tulisan berkisar antara 350 sampain dengan 526 kata.Terkait tulisan yang ditulis oleh mahasiswa Bahasa Inggris para mahasiswa ditugaskan untuk menulis teks berbahas Inggris dengan topik yang sama berkisar antara 284 sampai dengan 537 kata. Analisis konten digunakan dalam memeriksa penggunaan perangkat kohesif. Data dianalisis didasarkan pada klasifikasi perangkat kohesif yang ditawarkan oleh Halliday dan Hasan (1976) antara lain referensi kata hubung substitusi elipsis dan kohesi leksikal secara manual. Setelah analisis terkait penggunaan perangkat kohesif analisis dilanjutkan untuk menemukan gambaran terkait ketepatan dalam penggunaan perangkat kohesif pada tulisan yang ditulis oleh dua kelompok subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kohesi leksikal merupakan jenis perangkat kohesif yang paling banyak didigunakan oleh kedua kelompok subyek penelitian dengan 968 (47.60%) ditemukan pada konten yang ditulis oleh penulis blog dan 834 (45.25%) ditemukan pada tulisan mahasiswa. Untuk referensi penulis blog menggunakannya sebanyak 738 kali (37%) sedangkan mahasiswa sebanyak 699 (36.33%). Kata hubung merupakan jenis ketiga yang cukup banyak digunakan. Sejumlah 300 (14.70%) kata hubung ada pada tulisan penulis blog dan 334 (18.14%) digunakan oleh mahasiswa. Subtitusi sangat jarang digunakan oleh penulis blog dan mahasiswa. Penulis blog menggunakannya sebanyak 21 kali sedangkan mahasiswa hanya menggunakannya 4 kali. Untuk elipsis hanya ada satu item ditemukan yaitu pada salah satu tulisan penulis blog. Terkait ketepatan penggunaan perangkat kohesif hasil analisis menunjukkan bahwa penulis blog menggunakan perangkat kohesif dengan lebih tepat. Dari 15 konten yang mereka tulis hanya ada 36 kesalahan dan ketidak tepatan yang dibuat oleh penulis blog. Di sisi lain mahasiswa melakukan kesalahan dan ketidak tepatan sebanyak 73 kali. Kesalahan dan ketidak tepatan yang terjadi meliputi aspek leksikal tata bahasa dan penggunaan kata hubung. Dari hasil penelitian dapat direkomendasikan beberapa saran. Yang pertama mahasiswa perlu dilatih untuk menggunakan perangkat kohesif secara efektif dan efisien. Berikutnya sangatlah penting untuk mendorong mahasiswa dan penulis blog untuk lebih banyak membaca teks-teks berbahasa Inggris sebagai sarana untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan terkain penggunaan perangkat kohesif. Terakhir juga disarankan bagi peneliti di masa depan untuk melakukan penelitian dengan topik yang berbeda terhadap aktivitas penulisan blog untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang kegiatan penulisan blog yang bagaimanapun juga terkait dengan pengajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58765

Actions (login required)

View Item View Item