The effectiveness of animation videos on students' comprehension of narrative texts across the vocabulary mastery of past verbs / Titin Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of animation videos on students' comprehension of narrative texts across the vocabulary mastery of past verbs / Titin Wulandari

Wulandari, Titin (2016) The effectiveness of animation videos on students' comprehension of narrative texts across the vocabulary mastery of past verbs / Titin Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Titin Wulandari. 2015. Efektivitas Video Animasi pada Pemahaman Teks Naratif Siswa Dilihat dari Penguasaan Kosakata Kata Kerja Bentuk Lampau. Thesis Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Arwijati W. Murdibjono Dip. TESL. M.Pd. (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata kunci video animasi pemahaman bacaan teks naratif penguasaan kosakata kata kerja bentuk lampau. Tujuan penelitian ini adalah mengamati efektivitas video animasi pada pemahaman teks naratif siswa efektivitas video animasi pada pemahaman teks naratif siswa dilihat dari penguasaan kosakata kata kerja bentuk lampau dan interaksi antara penguasaan kosakata kata kerja bentuk lampau dan video animasi. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimental quasi. Populasinya adalah siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM. Setelah diseleksi menggunakan tes homogenitas kelas E menjadi grup eksperimental dan kelas G menjadi grup kontrol. 32 siswa pada masing-masing kelas digunakan sebagai sampel. Kegiatan belajar mengajar di kelas untuk kedua grup adalah reading comprehension menggunakan teks naratif berbentuk fable. Grup eksperimental diajar menggunakan video animasi sedang grup kontrol diajar menggunakan teks bacaan konvensional. Peneliti menggunakan teks naratif yang sama untuk kedua grup. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan nyata dalam pemahaman bacaan teks naratif antara siswa yang diajar dengan video animasi dan siswa yang diajar dengan teks bacaan konvesional. Perbedaan nyata juga ditunjukkan dalam pemahaman teks bacaan antara siswa dengan penguasaan kosakata tinggi dan siswa dengan penguasaan kosakata rendah. Akan tetapi penelitian ini tidak dapat menemukan interaksi antara penguasaan kosakata kata kerja bentuk lampau dan video animasi. Secara teori penelitian ini memberikan wawasan dalam penerapan video animasi sebagai media dalam pengajaran reading comprehension. Video animasi baik digunakan oleh para guru untuk mengajar siswa usia remaja atau bahkan anak-anak khususnya jika materi bacaannya adalah teks naratif. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti efektivitas video animasi pada ranah yang berbeda seperti pada mata pelajaran dan kecakapan lain atau pada tingkatan pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58762

Actions (login required)

View Item View Item