Tiarina, Putrie Agtien (2016) Enhancing students' reading comprehension achievement on recount text through two stay two stray strategy / Putrie Agtien Tiarina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tiarina Putrie Agtien. 2015. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Teks Recount melalui Strategi Two Stay - Two Stray. Tesis Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Dr. Arwijati W. Murdibjono M.Pd. Dip.TESL. Kata Kunci kemampuan memahami bacaan teks recount Strategi Two Stay - Two Stray Pengalaman peneliti selama mengajar siswa sekolah menengah pertama terutama mengajar membaca menunjukkan bahwa kualitas pemahaman siswa dalam memahami bacaan masih rendah. Berdasarkan studi awal yang telah dilakukan pada 18-19 November 2014 siswa tidak bisa memahami bacaan dengan baik terutama memahami elemen-elemen dari teks recount. Hasil dari studi awal menunjukkan bahwa sekitar 24 (78%) dari 31 siswa lemah dalam memahami teks recount. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata hasil tes siswa yakni 58. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks recount dengan menggunakan Strategi Two Stay - Two Stray (selanjutnya TS-TS). Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas 8 B di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami teks recount dan untuk meningkatkan partisipasi mereka selama proses pembelajaran peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Dalam memperolehan data penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu lembar pengamatan catatan lapangan dan tes. Data yang diperoleh akan dianalisa dan disajikan secara kualitatif. Penelitian ini telah dilakukan dari tanggal 25 November sampai tanggal 16 Desember 2014 yang dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dengan rincian tiga pertemuan untuk menerapkan strategi TS-TS dan satu pertemuan untuk mengukur kemampuan pemahaman siswa terhadap teks recount melalui tes. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) kemampuan siswa dalam memahami bacaan meningkat (2) siswa berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar mengajar menggunakan strategi TS-TS. (ada dua Temuan yang menunjukkan kelebihan dan kekurangan penelitian ini. Pertama penggunaan strategi DT-DB bisa meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap teks recount. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan siswa pada siklus pertama adalah 67 hanya 6 siswa yang memperoleh nilai dibawah 55 dan keterlibatan siswa adalah 64%. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa pada siklus kedua adalah 78 dan keterlibatan siswa adalah 87%. Data ini diperoleh selama penerapan strategi DT-DB dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks recount. Kedua pembagian kelompok dalam penerapan strategi ini membutuhkan usaha lebih dari peneliti selain itu peneliti membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengontrol kinerja kelompok suatu kelompok tidak dapat memberikan masukan terhadap kelompok lain alokasi waktu selalu menjadi permasalahan bagi siswa untuk melaksanakan tugas mereka. Sedangkan prosedur dari strategi ini adalah (1) guru memberikan pertanyaan untuk mengaktifkan pengetahuan siswa tentang elemen-elemen teks recount (struktur dan isinya) (2) guru memberikan cara untuk mengidentifikasi elemen teks recount (3) guru membagi siswa kedalam kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari empat orang (satu kelompok harus terdiri dari siswa yang pintar sedang dan kurang pintar) dan memberikan kebebasan kepada kelompok tersebut untuk menentukan ketua kelompok dan tamu serta tuan rumah (4) guru memberikan aturan diskusi secara lisan maupun tulisan (5) guru memberikan teks recount pertanyaan arahan lembar jawaban dan catatan untuk tamu (6) guru memerintahkan kelompok untuk mendiskusikan teks recount tersebut dan menyelesaikan tugas kelompok dalam waktu tertentu (7) guru menyuruh dua orang untuk bertamu secara individu ke kelompok lain sementara dua orang siswa tinggal di kelompokkan untuk menjelaskan hasil kerja mereka pada tamu dari kelompok lain. Diskusi antar kelompok ini juga dibatasi dengan waktu (8) guru menyuruh tamu untuk kembali ke kelompok masing-masing dan melaporkan informasi yang mereka peroleh sedangkan penerima tamu mencatat apa yang telah mereka peroleh (9) guru meminta kelompok merevisi pekerjaan mereka dan apabila waktu bertamu masih ada anggota kelompok bisa bertamu lagi (10) guru membahas dan mendiskusikan teks recount yang telah dikerjakan oleh siswa. Selama proses diskusi kelompok dan diskusi antar kelompok guru memantau mengatur dan mendampingi siswa secara intensif. Karena semua indikator keberhasilan telah dicapai maka peneliti menghentikan penelitian ini hanya dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diatas peneliti memberikan dua saran. Pertama guru pengajar bahasa Inggris. Disarankan untuk menggunakan strategi DT-DB untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks recount. Saran kedua untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan temuan penelitian ini sebagai acuan untuk penelitian di bidang yang sama atau bidang yang lain atau jenis teks lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |