Topic familiarity versus genre familiarity as factors affecting reading comprehension across gender / Sovia Rahmaniah - Repositori Universitas Negeri Malang

Topic familiarity versus genre familiarity as factors affecting reading comprehension across gender / Sovia Rahmaniah

Rahmaniah, Sovia (2015) Topic familiarity versus genre familiarity as factors affecting reading comprehension across gender / Sovia Rahmaniah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmaniah Sovia. 2015. Topik yang Familier versus Genre yang Familier sebagai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca dari Jenis Kelamin yang Berbeda . Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto M.Pd. (2) Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata kunci topik yang familier genre yang familier kemampuan membaca dari jenis kelamin yang berbeda. Isu tentang perbedaan jenis kelamin dalam membaca telah menjadi perhatian dari beberapa peneliti di banyak Negara. Beberapa dari mereka menemukan bahwa laki-laki lebih baik dalam memahami bacaan dan yang lain menemukan bahwa perempuan lebih baik dalam memahami bacaan. Beberapa penelitian yang ingin menemukan alasan kenapa laki-laki dan perempuan berbeda menemukan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca laki-laki dan perempuan. Dua faktor tersebut adalah kefamilieran terhadap genre dan kefamilieran terhadap topik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklarifikasi dua faktor tersebut apakah benar-benar berkorelasi dengan kemampuan membaca dan penelitian ini juga ingin mengungkapkan faktor manakah yang harus lebih diperhatikan untuk kemampuan membaca murid perempuan dan murid laki-laki. Penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto karena penelitian ini ingin mengungkapkan hubungan tanpa ada perbedaan perlakuan diberikan. Penelitian ini menghubungkan kefamilieran terhadap topik kefamilieran genre dan kemampuan membaca perempuan dan laki-laki. Penelitian ini memiliki dua variable bebas dan satu variable terikat. Dua variable bebas itu adalah kefamilieran terhadap topik dan kefamilieran terhadap genre dan variable terikatnya adalah kemampuan membaca yang kemudian dibagi menjadi kemampuan membaca perempuan dan kemampuan membaca laki-laki. Ada tiga instrument yang digunakan dalam penelitian ini. Instrumen-instrumen itu adalah tes untuk mengetahui seberapa familiernya seseorang dengan topik tertentu tes untuk mengetahui seberapa familiernya seseorang dengan genre tertentu dan tes kemampuan membaca. Untuk mengukur keabsahan instrument seorang ahli memberikan penilaian terhadap keabsahan muka dan keabsahan isi. Instrumen juga diuji cobakan untuk mengetahui uji beda keeffektifan pilihan ganda dan kekonsistenan dari test. 57 orang dilibatkan dalam uji coba instrument-instrumen tersebut. Total sampel penelitian ini adalah 157 orang 123 orang berjenis kelamin perempuan dan 34 orang berjenis kelamin laki- laki. Mereka adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sedang mengambil kelas Advanced Reading ketika penelitian ini dilaksanakan. Data penelitian dianalisa secara kuantitatif menggunakan regresi linear berganda. Analisis menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menemukan bahwa topik yang familier secara signifikan berkorelasi terhadap kemampuan membaca apapun jenis kelamin dari pembaca. Akan tetapi genre yang familier tidak berkorelasi secara signifikan terhadap kemampuan membaca perempuan maupun laki-laki. Genre yang familier dan kemampuan membaca perempuan juga memiliki korelasi negative yang artinya iii semakin familier murid perempuan dengan suatu genre ada kemungkinan pemahaman membacanya semakin kurang. Faktor dominan yang mempengaruhi kemampuan membaca menurut penelitian ini adalah topik yang familier. Hasil tersebut berlaku untuk perempuan dan laki-laki. Jadi berdasarkan temuan dan kesimpulan disarankan kepada para guru untuk memperhatikan lebih pada topik sebelum memberikan kegiatan membaca. Para guru hendaknya tidak mengajarkan genre secara berlebihan ketika mengajarkan membaca. Juga untuk para peneliti lain dalam bidang psikologi pendidikan disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan untuk menemukan alasan dibalik hubungan negatif antara genre yang familier dan kemampuan membaca pada murid-murid perempuan. Penelitian pengembangan juga dibutuhkan untuk mengembangkan tes terstrandar yang mengukur kefamilieran terhadap topik dan genre dan materi mengajar yang berkontribusi untuk membangun kefamilieran murid-murid terhadap topik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58758

Actions (login required)

View Item View Item