ESP teacher's beliefs in reading strategies and teaching reading strategies / Ika Puspitarini - Repositori Universitas Negeri Malang

ESP teacher's beliefs in reading strategies and teaching reading strategies / Ika Puspitarini

Puspitarini, Ika (2015) ESP teacher's beliefs in reading strategies and teaching reading strategies / Ika Puspitarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitarini Ika.2015. ESP Teachers Beliefs in Reading Strategies and Teaching Reading Strategies. Thesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dr. Arwijati W. Murdibjono Dipl. TESL. M. Pd Pembimbing (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata kunci Persepsi Guru Pembelajaran Membaca di kelas ESP Strategi Membaca dan Pengajaran Strategi Membaca Di perguruan tinggi pembelajaran bahasa Inggris lebih ditujukan pada pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan spesifik yang sesuai dengan bidang studi utama mahasiswa. Tujuan utama dalam pembelajaran bahasa Inggris ESP di perguruan tinggi adalah untuk membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan mereka untuk membaca dan memahami buku-buku teks dan jurnal berbahasa Inggris yang ditugaskan dosen dalam bidang studi utama mereka. Oleh karena itu pembelajaran bahasa Inggris ESP di perguruan tinggi haruslah ditekankan pada kegiatan pemahaman bahan bacaan dalam bidang studi utama mahasiswa. Strategi membaca kesuksesan dalam memahami bacaan. Persepsi guru berhubungan dengan pendapat dan penilaian merekan dan memainkan peranan penting dalam praktek di kelas. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi persepsi yang dimiliki oleh guru-guru ESP tentang pentingnya perlunya dan pengaplikasian strategi membaca dan pengajaran strategi membaca di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian dilakuakan dalam tiga tahap (1) penyebaran kuistioner sebagai data utama (2) mengadakan wawancara individu sebagai data pendukung dan (3) melakukan observasi kelas yang juga berfungsi sebagai data pendukung. Kuistioner yang diadaptasi dari Chou (2008) terdiri dari tiga bagian bagian A meneliti persepsi guru tentang pentingnya strategi membaca dan pengajarannya bagian B meneliti persepsi guru tentang perlunya strategi membaca dan pengajarannya dan bagian C membuktikan persepsi guru tentang penerapan strategi membaca dan pengajarannya di kelas Berdasarkan hasil analisa dari kuistioner interview dan kelas observasi dapat disimpulkan bahwa para partisipan konsisten dengan apa yang diyakininya apa yang menurut mereka penting dan perlu untuk diajarkan ternyata mereka terapkan dalam pengajaran di kelas. Strategi membaca yang paling sering digunakan oleh para partisipan adalah mengaktifkan latar belakang pengetahuan yang berhubungan dengan bacaan memonitor pemahaman terhadap bacaan scanning skimming dan menggunakan visual pendukung. . Akan tetapi masalah-masalah yang dapat menghambat keberhasilan dalam pengajaran membaca di kelas ESP perlu dicari pemecahannya. Selain itu penelitian lebih lanjut yang berkenaan dengan persepsi guru tentang strategi membaca dan pengajarannya perlu dilakukan sehingga teori yang dihasilkan dapat memperkaya penelitian dalam pembelajaran bahasa Inggris terutama di kelas ESP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58757

Actions (login required)

View Item View Item