Profile of successful English literature lecturers in the faculty of culture studies: a case study at Brawijaya University of Malang / Paramita Wahyu Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Profile of successful English literature lecturers in the faculty of culture studies: a case study at Brawijaya University of Malang / Paramita Wahyu Agustin

Agustin, Paramita Wahyu (2015) Profile of successful English literature lecturers in the faculty of culture studies: a case study at Brawijaya University of Malang / Paramita Wahyu Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin ParamitaWahyu. 2015. Profil Dosen Sastra Inggris yang Sukses Studi Kasus di Universitas Brawijaya. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Arwijati Wahjudi Dip. TESL M.Pd (2) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed Kata Kuci komptensi doses sastra Inggris yang sukses pengajaran efektif Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kompetensi yang dimiliki oleh dosen sastra Inggris yang sukses di Universitas Brawijaya.Tujuan dari penelitian ini dijabarkan menjadi dua tujuan 1) untuk menyelidiki kualitas yang dimiliki dosen sastra Inggris di Universitas Brawijaya yang membuat mereka sukses dan (2) untuk mengetahui pengajaran efektif di kelas. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan rancangan Studi Kasus. Data dikumpulkan melalui jajak pendapat angket dan testimony mahasiswa wawancara dan observasi kelas. Jajak pendapat mahasiswa dimaksudkan untuk memilih subyek-subyek yang akan diteliti. Kuesione rdibagikan kepada mahasiswa dan juga mengumpulkan testimony mahasiswa di kelas.Melakukan wawancara dengan ketua program sastra Inggris dan terhadap subyek-subyek yang diamati. Pengamatan kelas dilakukan agar peneliti bias mengamati performa subyek-subyek ketika mengajar dan berinteraksi dengan mahasiswa selama proses belajar mengajar di kelas. Dalam melakukan observasi kelas peneliti menggunakan instrument berupa ceklis dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Brawijaya. Brawijaya merupakan salah satu universitas negeri di kota Malang. Hal itu membuat tes seleksi untuk menjadi dosen di Brawijaya sangatlah ketat dan beragam. Sehingga hanya dosen yang berkompeten saja yang bias terseleksi. Kemudian subyek penelitian ini dipilih berdasarkan hasil dari jajak pendapat siswa. Hampir 41 mahasiswa menyatakan bahwa Subyek 1 dan 2 sesuai dengan kriteria mereka sebagai dosen sastra Inggris yang baik di Universitas Brawijaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subyek 1 dan 2 adalah dosen yang sukses karena mereka antusias untuk menjadi seorang pengajar. Hal tersebut memotivasi mereka untuk menjadi dosen yang pintar menarik mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat disiplin sabar bertanggung jawab dan baik dalam peran mereka sebagai seorang dosen. Mereka berperan bukan hanya sebagai dosen tetapi juga sebagai penasihat yang menyemangati dan membantu mahasiswanya untuk menyelesaikan persoalan akademik. Subyek 1 dan 2 mengajar secara efektif karena mereka tidak hanya menciptakan suasana belajar yang nyaman di kelas tetapi juga mendukung pembelajaran kontekstual dan interaktif. Hal ini dikarenakan mereka tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar membuat siswa aktif dalam mengikuti kegiatan kelas dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempraktekkan pengetahuan dan skil dan juga menjadi fasilitator yang memfasilitasi pembelajaran interaktif.Hal tersebut membuat mahasiswa dapat merasakan pembelajaran yang berkesan dan menyenangkan dan juga melatih mereka untuk menjadi mandiri. Dari penemuan tersebut peneliti memberikan kesimpulan tentang profil dosen sastra Inggris yang sukses. Dosen sastra Inggris yang sukses adalah dosen yang antusias terhadap profesi mereka sebagai pengajar.Antusias dalam mengajarakan mengarahkan mereka untuk menguasai kompetensi pedagogik penguasaan materi social dan personal.Tetapi kompetensi sosial dan personal atau dengan kata lain soft skil lmempunyai andil yang besar yang mempengaruhi seseorang untuk menjadi dosen sastra Inggris yang sukses. Kemudian untuk mengajar sastra Inggris secara efektif dosen harus mampu untuk menumbuhkan antusias dan kesadaran diri mahasiswa untuk belajar. Peneliti memberikan saran kepada pihak Universitas Brawijaya dosen sastra Inggris dan peneliti lainnya. Seorang guru sastra Inggris harus bias menciptakan suasana belajar yang nyaman dan aman bagi mahasiswanya untuk bias mengekpresikan pendapat mereka selama pembelajaran berlangsung. Soft skil lmempunyai peran yang dominan yang mempengaruhi kesuksesan seorang pengajar sehingga pihak universitas seharusnya mengadakan program khusus berupa pelatihan seminar atau bahkan kegiatan out-door yang dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa dan mental yang lebih baik bagi paradosen. Kemudian bagi peneliti yang tertarik untuk melakukan penelitian terhadap kharakteristik dosen yang baik untuk lebih bias menyelidikinya lebih dalam lagi dengan menambahkan jumlah pertanyaan wawancara jumlah dan keragaman (dosen dari PTN swasta dan negeri) subyek yang diamati.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58755

Actions (login required)

View Item View Item