Improving reading comprehension using drama for english literature student / Adityas Nirmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving reading comprehension using drama for english literature student / Adityas Nirmala

Nirmala, Adityas (2015) Improving reading comprehension using drama for english literature student / Adityas Nirmala. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nirmala Adityas. 2015. Upaya Meningkatkan Pemahaman Membaca Melalui Penggunaan Drama Bagi Mahasiswa Sastra Inggris. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd M.Ed. Kata Kunci pemahaman membaca peningkatan drama. Penelitian ini diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman membaca melalui penggunaan drama. Strategi ini dipilih berdasarkan kelebihan yang dimiliki drama dalam menyemangati para mahasiswa agar terlibat lebih aktif lagi dalam proses belajar mengajar dengan tujuan agar kemampuan membaca mereka mengalamai peningkatan. Maka dari itu rumusan masalah yang disusun dalam penelitian ini adalah Bagaimana drama mampu meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa tingkat semester 6 jurusan Sastra Inggris di Universitas Negeri Malang Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dimana peneliti berkolaborasi dengan dosen pengampu kelas drama di jurusan Sastra Inggris yang terlibat dalam aktifitas penelitian dari awal penelitian sampai akhir penelitian baik mulai dari penyusunan rencana belajar perumusan kriteria sukses penelitian implementasi tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 jurusan Sastra Inggris tahun akademik 2014/2015 dengan jumlah sebanyak 31 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 1 putaran dengan jumlah pertemuan kelas sebanyak 4 kali. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observation checklist yang berguna untuk mengetahui informasi tentang aktifitas kegiatan dan penampilan mahasiswa selama proses pengimplementasian strategi field notes untuk mencatat data yang berada diluar jangkauan lembar observasi serta penggunaan tes membaca untuk mengidentifikasi peningkatan ketrampilan membaca mahasiswa. Temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan drama sangat berguna dalam upaya meningkatkan kemampuan baca mahasiswa. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan drama sebagai strategi dapat meningkatkan ketrampilan baca mahasiswa baik dalam pemahaman literal intrepetif dan juga aspek kritis dalam memahami sebuah teks. Strategi ini juga mampu memacu semangat keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar. Dalam penelitian ini bisa dijumpai adanya peningkatan signifikan akan ketrampilan baca mahasiswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbandingan perolehan nilai ujian pada masa preliminasi dan nilai ujian pada saat penerapan strategi rampung dilaksanakan. Mahasiswa yang memperoleh nilai 8805 70 pada saat preliminasi hanya sebanyak 11 orang sedangkan jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai 8805 70 saat setelah penerapan strategi mengalami peningkatan sebanyak 26 orang. Hasil analisa data tentang aspek keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar pada saat proses penerapan strategi menunjukkan bahwa tidak ada mahasiswa yang masuk pada kategori tidak aktif (0% dari 31 mahasiswa). Disarankan bagi peneliti berikutnya untuk mengadakan penelitian sejenis baik dengan penggunaan aspek bahasan ketrampilan yang sama ataupun berbeda dengan setting yang berbeda. Penelitian ini juga diharapkan bisa menjadi bahan rujukan bagi penelitian serupa dengan penggunaan drama sebagai strategi dalam upaya meningktkan ketrampilan baca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58753

Actions (login required)

View Item View Item