Implementing snowball throwing teaching technique to enhance the fifth graders' vocabulary mastery of SDN Jombang 3 Jombang / Sakhi Herwiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing snowball throwing teaching technique to enhance the fifth graders' vocabulary mastery of SDN Jombang 3 Jombang / Sakhi Herwiana

Herwiana, Sakhi (2015) Implementing snowball throwing teaching technique to enhance the fifth graders' vocabulary mastery of SDN Jombang 3 Jombang / Sakhi Herwiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herwiana Sakhi. 2015. Menerapkan Teknik Mengajar Snowball Throwing untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas Lima di SDN Jombang 3 Jombang. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Rachmajanti Dip TESL. M.Pd. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata Kunci kosa kata snowball throwing pembelajar muda. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknik mengajar snowball throwing dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata pada siswa kelas 5 di SDN Jombang 3 Jombang. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti dan guru Bahasa Inggris bekerjasama dalam penelitian. Peneliti bertindak sebagai guru dan guru Bahasa Inggris sebagai pengamat. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus dengan menggunakan prosedur sebagai berikut perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Ada 5 pertemuan dalam satu siklus yaitu 4 pertemuan untuk penerapan teknik mengajar snowball throwing dan satu pertemuan untuk pelaksanaan tes kosa kata. Data penelitian diambil dari beberapa intrumen yaitu tes kosa kata angket siswa lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil temuan menunjukkan bahwa teknik pengajaran snowball throwing dapat meningkatkan penguasaan kosa kata pada anak. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan respon siswa. Hasil nilai rata-rata dari tes kosa kata pada siklus pertama adalah 93.6 dan sembilan puluh delapan persen(98%) siswa telah mencapai kriteria sukses. Sebelum penerapan hanya tiga puluh empat (34%) siswa yang dapat mencapai KKM yaitu 68. Berdasarkan hasil angket siswa dan lembar observasi semua murid terlibat aktif dalam pelaksanaan snowball throwing. Mereka menunjukkan sikap senang dan tertarik dalam belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan teknik ini. Dalam mengajar guru menggunakan tiga tahapan dalam kegiatan utama di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Di awal kegiatan guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan lagu audio-visual yang diberikan untuk mengarahkan pengetahuan dasar siswa. Kemudian guru memberikan penjelasan dan pengucapan kata-kata berdasarkan gambar yang diikuti oleh siswa. Guru juga memberikan contoh penggunaan kata-kata dalam kalimat sederhana. Pada kegiatan inti guru memberikan contoh bagaimana cara bermain snowball throwing. Kemudian siswa mempraktekkan snowball throwing dengan berkelompok. Ketika siswa sedang melaksanakan teknik tersebut guru mengamati jawaban siswa. Siswa diperbolehkan untuk bertanya kepada guru jika menemukan kesulitan jadi peran guru adalah membimbing dan membantu para siswa. Di akhir kegiatan siswa diberi kuis dan mereka mengerjakannya secara individu. Kesimpulannya penggunaan teknik mengajar snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengingat kosa kata. Teknik ini juga mendorong siswa menjadi aktif di dalam kelas. Mereka menunjukkan kerjasama yang baik dalam kelompok. Strategi ini dianjurkan untuk guru Bahasa Inggris sebagai salah satu strategi alternatif dalam mengajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat kosa kata dengan cara yang menyenangkan. Selain itu teknik ini dapat digunakan untuk peneliti selanjutnya mereka bisa menggunakan penelitian ini sebagai referensi yang sesuai dalam melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat kosa kata dengan teknik snowball throwing di sekolah dasar. Selain itu disarankan juga agar peneliti lainnya untuk menggunakan penelitian yang sama untuk mengajar pembelajar muda dengan tingkatan siswa yang berbeda. Peneliti lain boleh meningkatkan dan mengkombinasikan teknik yang sesuai dengan siswa. Untuk pembuat kebijakan dan kurikulum pendidikan mereka bisa menganjurkan teknik mengajar yang sesuai dengan siswa sekolah dasar dalam membuat rencana pengajaran dan buku Bahasa Inggris agar guru Bahasa Inggris mengetahui teknik mengajar yang sesuai dengan pembelajar muda. Selain manfaat ada beberapa kendala dalam melaksanakan penelitian. Pertama adalah guru harus mempertimbangkan berapa banyak kosa kata yang akan digunakan dalam aktifitas. Semakin banyak kosa kata yang digunakan maka akan semakin banyak waktu yang diperlukan. Kedua jumlah siswa dalam kelompok akan membawa dampak dalam keberhasilan pelaksanaan teknik ini. Akan lebih baik jika siswa bekerjasama tidak lebih dari sepuluh siswa dalam satu kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58752

Actions (login required)

View Item View Item