Panorama reading strategy and second language content-area reading comprehension skill of students across cognitive styles and gender / Ika Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Panorama reading strategy and second language content-area reading comprehension skill of students across cognitive styles and gender / Ika Fitriani

Fitriani, Ika (2015) Panorama reading strategy and second language content-area reading comprehension skill of students across cognitive styles and gender / Ika Fitriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Ika. 2015. Strategi PANORAMAterhadap Pemahaman Siswa dalam Membaca Konten Berbahasa Inggris ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender.Magister Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata Kunci PANORAMA membaca konten gaya kognitif gender Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuasi dengan desain faktorial 2x2x2 yang bertujuan untuk menginvestigasi efek variabel bebasdari strategi membaca bernama PANORAMA yang terdiri atas Purpose Adaptability Need to pose questions Overview Read and Relate Annotate Memorize danAssess dibandingkan dengan strategi menerjemahkan dan membaca nyaring (yang kemudian disebut sebagai TRA)dalam memahami bacaan konten berbahasa Inggrisditinjau dari gaya kognitif dan gender siswa. Group Embedded Figure Test (GEFT) tes membaca berbentuk soal objektif dan kuesioner digunakan sebagai instrumen dalam proses pengumpulan data. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII-B dan VIII-C di SMPN 1 Batu.Diakhir proses eksperimen dua kelompok diberipost-testyang hasilnya digunakan sebagai dasar dalam uji hipotesis. Jika nilai p hitung kurang dari .05 berarti kelompok eksperimen secara signifikan berbeda dengan kelompok kontrol. Setelah proses perhitungan statistik diketahui bahwaperbedaan kelas eksperimenyangdiajar dengan menggunakan PANORAMA dan kelas kontrol yang yang diajar dengan menggunakan TRA tidak signifikan dengan nilai hitung.901 perbedaan siswa dengan gaya kognitif FD dan FI dalam hal membaca pemahaman konten juga tidak signifikan dengan nilai hitung .387 perbedaan tingkat membaca pemahaman dengan memperhatikan variabel gender (pria dan wanita) juga menunjukkan nilai yang tidak signifikan yaitudengan nilai hitung .100 serta tidak ada interaksi antar variabel (strategi membaca gaya kognitif dan gender) sebagaimana ditunjukkan oleh nilai hitung yaitu .347. Hasil yang tidak signifikan antara dua kelompok disebabkan oleh beberapa hal antara lain langkah-langkah pengajaran membaca yang mirip antara kelompok eksperimental dengan kelompok kontrol yaitu dengan menggunakan tahap pre-reading whilst-reading dan post-reading. Tahap menanya dalam pre-reading juga mampu memfasilitasi siswa FD untuk mengaktivasi pengetahuan awal yang berperan besar dalam memahami teks. Kegiatan pembelajaran yang didesain secara berkelompok selama proses eksperimen juga memberikan keuntungan bagi siswa FD karena mereka akan mendapatkan hasil belajar yang lebih optimal jika bekerja dalam kelompok dibandingkan dengan kerja individu. Selanjutnya gender juga tidak mempengaruhi kemampuan siswa dalam membacapemahaman namun kualitas proses pembelajaran yang berperan dalam mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Pada proses analisis selanjutnyapada pengaruh masing-masing faktor ditemukan bahwa diantara ketiga variabel bebas (strategi membaca gaya kognitif dan gender) gaya kognitif paling mendominasi dibandingkan dengan dua variabel bebas lainnya dengan nilai persentase 17 56%. Diketahui pula bahwa kombinasi faktor antara PANORAMA-wanita dan PANORAMA-FI merupakan kombinasi yang paling tinggi dominasinya dibandingkan dengan kombinasi antar faktor lain yaitu dengan nilai 48% dan 23%. Selanjutnya walaupun temuan menyatakan perbedaan yang tidak signifikan berdasarkan hasil dari kuesioner siswa ditemukan bahwa PANORAMA mendapatrespon positif dengan nilai keseluruhankuesioner 89.64. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwaPANORAMAdapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi membaca untuk membantu siswa memahami bacaan konten berbahasa Inggris mengasosiasikan apa yang dibaca siswadengan pengetahuan awal mengurangi kebosanan selama proses pembelajaran meningkatkan rasa percaya diri siswa memberikan pengalaman belajar yang bervariasi serta menciptakan pembelajaran yang lebih hidup dan bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58751

Actions (login required)

View Item View Item