Peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat melalui model numbered heads together siswa kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Retno Manggali - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat melalui model numbered heads together siswa kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Retno Manggali

Manggali, Retno (2015) Peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat melalui model numbered heads together siswa kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Retno Manggali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manggali Retno. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Model Numbered Heads Together Siswa Kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Ke-pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen dan Pembimbing (I) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd. M. Pd (II) Dra. Yuliwidiarti S. Pd. Kata kunci hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat model nht Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV SDN Karangtengah 4 menunjukkan bahwa hasil belajar sebagian siswa masih rendah hal ini bisa dilihat dari 36 siswa sebanyak 24 siswa (67%) yang belum tuntas belajar dan hanya 12 siswa (33%) yang tuntas belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi pelajaran. Pada saat belajar kelompok siswa yang pandai cenderung egois dan tidak mau membantu teman yang kesulitan. Banyak siswa yang diam terlihat bosan dan ramai sendiri. Sehingga hasil belajarnya kurang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model NHT pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar melalui model NHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes observasi dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai rata-rata observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 85% dan meningkat pada siklus II sebesar 94%. Sedangkan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I sebesar 83% dan meningkat pada siklus II sebesar 92%. Nilai hasil rata-rata siswa pada pratindakan adalah 49 dengan ketuntasan belajar sebesar 33%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 63 dengan ketuntasan belajar sebesar 64%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan belajar sebesar 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat sudah sangat baik berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rancangan langkah-langkah model NHT. Untuk itu disarankan guru dapat mengembangkan model NHT pada mata pelajaran lainnya siswa hendaknya dapat saling bertukar pendapat saat belajar kelompok dan sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item