Particularized conversational implicature as seen in the play "a streetcar named desire" / Widyarini Cahyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Particularized conversational implicature as seen in the play "a streetcar named desire" / Widyarini Cahyaningtyas

Cahyaningtyas, Widyarini (2015) Particularized conversational implicature as seen in the play "a streetcar named desire" / Widyarini Cahyaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningtyas Widyarini. 2015. Penggunaan Implikatur dalam Drama A Streetcar Named Desire. Graduate Program in English Language Teaching State University of Malang. Advisors (I) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd (II) Dr. Mirjam Anugerahwati MPd M.A. Keywords implikatur strategioff record kesopanan. Tesis ini membahas mengenai penggunaan implikature dalam drama A Streetcar Named Desire . Tesis ini juga membahas tentang salah satu strategi kesopanan yang dikenal dengan strategi off record. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari tentang strategi off record dan bagaimana cara merespon dan menggunakan strategi tersebut sehingga face pembicara dan lawan bicara dapat dipertahankan. Data yang digunakan adalah implikature yang diucapkan oleh tokoh dalam drama ini Blanche dan Stanley dari bab 1 - 8 dan bagaimana implikatur tersebut dapat digunakan dalam strategi off record. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan prinsip kooperasi dari Grice (1974) dan strategi kesopanan oleh Brown dan Levinson (1978). Hasil dari analisa menunjukkan bahwa strategi off record muncul 17 kali dalam drama. Kesimpulan yang dapat diambil adalah Blanche dan Stanley sering menggunakan cara ini untuk menjatuhkan lawan bicara namun mereka masih ingin menjaga face lawan bicara dan diri mereka sendiri. Selain itu dengan tidak ditemukannya implikatur setelah bab 8 yang merupakan klimaks menunjukkan bahwa mereka sudah tidak lagi berusaha untuk menjaga face dari lawan bicara mereka dan mereka dengan bebas mengungkapkan emosi dan ekspresi mereka. Dengan mempelajari penggunaan implikatur untuk melakukan strategi off record diharapkan akan memperkaya kajian teori kesopanan oleh Brown dan Levinson (1978). Walaupun tesis ini sangat terbatas dalam hal analisis namun diharapkan banyak tindak lanjut dari pembelajaran ini terutama penggunaan strategi off record dalam drama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58749

Actions (login required)

View Item View Item