Comparing immediate correction and delayed correction in teaching speaking / Laeli Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Comparing immediate correction and delayed correction in teaching speaking / Laeli Hidayati

Hidayati, Laeli (2015) Comparing immediate correction and delayed correction in teaching speaking / Laeli Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Laeli. 2015. Comparing Immediate Correction and Delayed Correction in Teaching Speaking. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd M.Ed (2) Drs. Fachrurrazy M.A Ph.D. Kata Kunci teknik pembenaran secara tertunda teknik pembenaran secara langsung penampilan speaking saat pembenaran /pembahasan kesalahan. Membuat kesalahan dalam belajar bahasa adalah hal yang biasa tapi umpan balik dari lingkungan sangatlah penting. Umpan balik dapat berasal dari orang tua siswa teman guru dan sebagainya. Hal yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah bagaimana guru menghadapi atau menangani error. Para guru harus menpertimbangkan kapan saat menperbaiki kesalahan yang dibuat siswa. Terlalu banyak tanggapan kognitif negatif rentetan selaan pembenaran dan lebih memperhatikan kesalahan sering menyebabkan siswa mematikan usaha mereka dalam komunikasi. Di sisi lain terlalu banyak tanggapan kognitif positif dari guru untuk membiarkan kesalahan tidak membenarkan dapat menyebabkan pengulangan kesalahan terus menerus dan mungkin terjadi fosilisasi. Sebagian besar peneliti fokus pada bagaimana meningkatkan kemampuan Speaking siswa tetapi hanya sedikit dari mereka memberikan informasi bagaimana memperbaiki kesalahan berbicara siswa. Karena memberikan pembenaran kesalahan dalam berbicara sangat penting guru harus tahu kapan dan bagaimana mereka memperbaiki siswa mereka. Untuk itu studi ini menekankan pada kapan untuk memperbaiki kesalahan siswa selama penampilan Speaking mereka. Dalam penelitian ini peneliti membandingkan pembenaran tertunda dimana siswa tidak terganggu dan tidak disela selama percakapan mereka dengan pembenaran segera dimana siswa segera diperbaiki tepat pada kesalahan terjadi. Penelitian ini menerapkan metode penelitian quasi-experimental post-test only dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan teknik pembenaran segera dan pembenaran tertunda terhadap pengajaran Speaking. Penelitian ini melibatkan dua kelas Speaking I FKIP Universitas Mataram (Reguler Sore) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2014/2015. Data yang telah didapatkan dianalisa menggunakan T-Test program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan data statistik nilai pre-test dan post-test group A dan B. Data statistic menunjukkan bahwa p-value ( 0 592 ) lebih besar dari tingkat signifikan ( 0 05 ) dengan demikian nul hipotesis diterima dan alternatif hipotesis ditolak. Dengan kata lain kelompok A dan kelompok B yang diajar menggunakan kedua teknik pembenaran kesalahan tidak menunjukkan efek yang signifikan dalam pencapaian Speaking mereka. Berdasarkan jumlah kesalahan pada tiap group dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat efek yang signifikan pada kemampuan speaking siswa. Akan tetapi kedua teknik pengoreksian kesalahan ini berhasil dalam mengurangi kesalahan bembendaharaan kata karena tidak terjadi pengulangan kesalahan selama penelitian berlangsung dan juga pada pre-test. Berdasarkan temuan penelitian ini dosen Speaking dapat memilih salah satu dari teknik pembenaran kesalahan yang akan diterapkan berdasarkan kebutuhan siswa mereka. Tapi peneliti menyarankan para dosen Speaking menggunakan pembenaran tertunda karena memberikan kesempatan untuk komunikasi berjalan lancar dan mengurangi rasa malu siswa karena langsung disoroti selama umpan balik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58745

Actions (login required)

View Item View Item