Prismadewi, Oppy (2015) Pengembangan bahan ajar memahami teks cerpen bermuatan pendidikan karakter di SMP/MTs kelas VII / Oppy Prismadewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prismadewi Oppy. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Memahami Teks Cerpen Bermuatan Pendidikan Karakter di SMP/ MTs Kelas VII. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Saryono M. Pd dan (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo M. Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar memahami teks cerpen dan pendidikan karakter. Pembelajaran sastra memiliki pertautan erat dengan pendidikan karakter. Hal ini sejalan dengan penerapan Kurikulum 2013 yang menekankan pada aspek karakter dalam setiap proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran aspek sastra pada Kurikulum 2013 yang terdapat di kelas VII SMP/ MTs adalah memahami dan menangkap makna teks cerpen. Kedua kompetensi tersebut termasuk dalam kegiatan reseptif yang artinya menerima informasi. Kegiatan ini sangat cocok sebagai media untuk menanamkan karakter pada siswa. Melalui kegiatan membaca teks cerpen siswa memperoleh pengalaman secara tidak langsung. Pengalaman secara tidak langsung tersebut diharapkan dapat mengarahkan siswa untuk bersikap dan berperilaku baik. Berdasarkan hal tersebut dikembangkanlah bahan ajar yang isinya berupa kegiatan memahami dan menangkap makna teks cerpen yang bermuatan karakter. Sejalan dengan pemikiran di atas pengembangan ini bertujuan (1) menghasilkan isi bahan ajar memahami teks cerpen bermuatan pendidikan karakter di SMP/MTs kelas VII pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang layak untuk pembelajaran (2) menghasilkan sajian bahan ajar memahami teks cerpen bermuatan pendidikan karakter di SMP/MTs kelas VII pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang layak untuk pembelajaran (3) menghasilkan bahasa bahan ajar memahami teks cerpen bermuatan pendidikan karakter di SMP/MTs kelas VII pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang layak untuk pembelajaran (4) menghasilkan kegrafikaan bahan ajar memahami teks cerpen bermuatan pendidikan karakter di SMP/MTs kelas VII pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang layak untuk pembelajaran dan (5) menghasilkan bahan ajar memahami teks cerpen bermuatan pendidikan karakter di SMP/MTs kelas VII pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang efektif untuk pembelajaran. Untuk mencapai tujuan di atas digunakanlah desain pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1979). Langkah yang dikembangkan pada pengembangan ini meliputi (1) analisis kebutuhan (untuk mengumpulkan informasi) (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji terbatas (kepada ahli) (5) revisi uji terbatas (6) uji lapangan (kepada guru dan siswa) dan (7) revisi produk akhir. Pengembangan ini telah menghasilkan produk berupa buku siswa Memahami Teks Cerpen Bermuatan Pendidikan Karakter di SMP/ MTs Kelas VII yang disertai dengan buku guru sebagai pedoman penggunaannya. Buku siswa maupun buku guru dijabarkan atas dua bab yaitu (1) Bab 1 Memahami Teks Cerpen dan (2) Bab 2 Menangkap Makna Teks Cerpen. Bab 1 dijabarkan atas beberapa indikator yaitu (1) mengidentifikasi isi ciri bahasa dan struktur teks cerpen (2) menguraikan isi ciri bahasa dan struktur pada suatu teks cerpen (3) menyimpulkan kegiatan memahami teks cerpen dan (4) menyajikan hasil kegiatan memahami teks cerpen. Adapun Bab 2 dijabarkan atas beberapa indikator yaitu (1) merumuskan pertanyaan tersurat dan tersirat dari suatu teks cerpen (2) menjelaskan makna yang terkandung pada judul tokoh konflik dan amanat (3) menyimpulkan kegiatan menangkap makna teks cerpen dan (4) menyajikan hasil kegiatan menangkap makna teks cerpen. Bahan ajar Memahami Teks Cerpen Bermuatan Pendidikan Karakter di SMP/ MTs Kelas VII ini telah diuji dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Dari hasil statistik uji beda terhadap aspek memahami dan menangkap makna teks cerpen menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar memperoleh hasil yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil sebelum siswa menggunakan bahan ajar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan bahan ajar Memahami Teks Cerpen bermuatan Pendidikan Karakter di SMP/ MTs Kelas VII secara efektif mampu meningkatkan hasil belajar dalam memahami dan menangkap makna teks cerpen. Hasil pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat membantu baik siswa maupun guru dalam proses pembelajaran memahami dan menangkap makna teks cerpen. Mengingat masih terbatasnya bahan ajar pada Kurikulum 2013 terutama yang bermuatan karakter peneliti memberikan saran agar diadakan penelitian lanjutan dari aspek sastra maupun bahasa sehingga semakin banyak alternatif bahan ajar yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58744 |
Actions (login required)
View Item |