Metacognition employed by good EFL writers at University of Muhammadiyah Malang / Fitrotul Maulidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Metacognition employed by good EFL writers at University of Muhammadiyah Malang / Fitrotul Maulidiyah

Maulidiyah, Fitrotul (2015) Metacognition employed by good EFL writers at University of Muhammadiyah Malang / Fitrotul Maulidiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidiyah Fitrotul. 2015.Proses Metakognitif yang DilakukanolehMahasiswa yang BerhasilMenulisdalamBahasaInggris di UniversitasMuhammadiyah Malang. Tesis. JurusanPendidikanBahasaInggris Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. UtamiWidiati M.A. Ph.D. (II) Prof. BambangYudiCahyono M.Pd. M.A. Ph.D. Kata Kunci metakognitif pengetahuanmetakognitif strategimetakognitif menulis mahasiswamatakuliahwriting Kegiatanmenulismemilikiperananpentingdalamlingkupakademikterkaitnilaikomunikasiantarmanusiadenganwacanadannilaipengetahuan yang sesuai.Namun terdapatkecenderunganbahwakegiatanmenulismulaidiremehkan.Olehsebabitu parapendidikharusmengambillangkahproaktifdalammengidentifikasiketertarikanpesertadidikdanmenggabungkanberbagaistrategikognitif yang membantu proses kegiatanmenulis. Rasa ketertarikandanmotivasipesertadidikberadapadaketerlibatanmotivasimerekaatauketerkaitanmerekadengansuatutopik.Para pesertadidikperlumemahamitujuankegiatanmenulismerekasertamenghubungkankegiatantersebutdenganpengalamanpribadi.Terkaithalini metakognitifdianggapmampumelihatkeyakinanpesertadidikakankemampuanmerekauntukmengerahkandanmengarahkanpembelajaran demi menopangusahapembelajaranmereka khususnyadalamkegiatanmenulis karenapadadasarnyametakognitifberhubungandengankesadarandanotonomidiri. Studideskriptifkualitatifinidilaksanakan di UniversitasMuhammadiyah Malang denganmelibatkanempat orang mahasiswa.Keempatmahasiswainimerupakanmahasiswa semester limadarijurusanPendidikanBahasaInggris yang telahmenyelesaikanmatakuliah Writing III. Para mahasiswadimintauntukmenulissatuesaiargumentatifdansecarabersamaanmerekajugadiharuskanuntukmengutarakanapapun yang hadirdalampikiranmereka kegiataninibiasadisebutconcurrent verbal protocol.Kemudianmahasiswadiharapkandapatmelaporkanseluruhkegiatanmerekadalambentukretrospective verbal protocol.Kegiatanterakhir yang harusmerekalakukanadalahmelengkapikuisioner yang terdiridarikuisionermetacognitive knowledge dankuisionermetacognitive strategies.Data yang telahdidapatdarikeduaprotokol di ataskemudiandianalisisberdasarkanpadataksonomiYanyan (2010) tentangmetacognitive knowledge dantaksonomi Sasaki (2000) tentangmetacognitive strategies.Selanjutnya data yang diperolehdarikuisionermetacognitive knowledge dikelompokkanmenuruttaksonomi Chi (1984).Sedangkan data yang diperolehdarikuisionermetacognitive strategies dianalisissecarakuantitatifmenggunakananalisishitungLikert. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaparamahasiswamenggunakanmetacognitive knowledge danmetacognitive strategies.Akan tetapimahasiswainilebihmemahamiprinsipdasarmetakognitifketikamerekamelengkapikeduajeniskuisionerdibandingkanpadasaatmerekamelakukankegiatanmenulis.Dengan kata lain paramahasiswalebihmudahmemahamiprinsipmetakognitifdaripadamengaplikasikanprinsiptersebutdalamkegiatanlangsung. Terkait protocol verbal paramahasiswalebihbanyakmenggunakanmetakognisidalamconcurrent verbal protocol daripadadalamretrospective verbal protocol.Hasilpenelitianjugamemberikanilustrasibahwamahasiswa yang memilikikemampuanmetakognitif yang baikjugaterbuktimemilikinilaimenulis yang lebihbaik pula meskipuntujuanstudiinibukanterpusatpadahubunganantarametakognisisiswadankemampuanmenulismereka. Studiinihanyamenelitimetakognitif yang dilakukanolehmahasiswa yang berhasilmenulisdalambahasaInggris di UniversitasMuhammadiyah Malang denganmenggunakanprotokol verbal dankuisionersecarakualitatif.Olehsebabitu studi yang lebihluasmasihperludilakukan demi memberikanlebihbanyakkontribusiterkaitpenggunaanmetakognisidalamkegiatanbelajardanmengajar.DosenBahasaInggris khususnyamatakuliahwriting dapatmemberikanpelatihanmetakognitif demi meningkatkankemampuanmerekadalambelajarBahasaInggris tidakhanyadalamkegiatanmenulisnamunjuga di skill BahasaInggrissertaaspekBahasaInggris lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58743

Actions (login required)

View Item View Item