Developing multimedia-based listening materials for the seventh graders / Nailun Naja - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing multimedia-based listening materials for the seventh graders / Nailun Naja

Naja, Nailun (2015) Developing multimedia-based listening materials for the seventh graders / Nailun Naja. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Naja Nailun. 2015. Mengembangkan Bahan Ajar Menyimak Bahasa Inggris Berbasis Multimedia untuk Siswa Kelas VII. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata kunci penelitian dan pengembangan materi mendengarkan multimedia Dalam pengajaran bahasa Inggris penting untuk mengajarkan keterampilan mendengarkan. Namun demikian sering kali keterampilan mendengarkan tidak ditekankan dalam proses belajar-mengajar. Salah satu alasannya karena tidak tersedia materi yang sesuai. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan materi tambahan berupa materi mendengarkan untuk siswa kelas VII. Materinya dalam bentuk rekaman audio yang disajikan dalam PowerPoint Show dikombinasi dengan video gambar teks dan animasi. Materi mendengarkan tersebut diharapkan dapat memfasilitasi guru dalam mengajarkan keterampilan mendengarkan kepada siswa dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar untuk berlatih ketrampilan mendengarkan secara mandiri di luar kelas. Penelitian ini terdiri dari lima tahap yang diadaptasi dari Dick Carey (2001 dalam Borg Gall 2007) dan Borg Gall (2007) yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) evaluasi produk (5) produk akhir. Studi pendahuluan dilaksanakan dengan mengadakan survey pasar observasi sekolah mendistribusikan kuesioner kepada guru bahasa Inggris dan siswa dan mewawancarai guru bahasa Inggris. Dalam tahap perencanaan peneliti merencanakan struktur materi dan spesifikasi produk. Dalam tahap pengembangan produk peneliti membuat kisi-kisi materi membuat skript materi merancang aktifitas merancang produk merekam suara sesuai skript dan memvisualisasikan produk. Tahap selanjutnya adalah evaluasi produk meliputi validasi ahli dan uji coba produk. Dalam tahap ini konsep produk divalidasi oleh ahli materi pengajaran bahasa Inggris dan ahli multimedia. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa produk ini dinilai sangat bagus dari segi isi dan desain. Revisi produk mengacu pada masukan yang diberikan oleh dua pakar tersebut. Sesudah itu konsep produk yang sudah direvisi diujicobakan kepada guru dan sejumlah siswa untuk mendapatkan penilaian mereka sebagai pengguna. Hasil penilaian menunjukkan bahwa produk ini sangat baik dari segi kegunaan dan kepraktisan. Penilaian dari pengguna tersebut digunakan sebagai acuan untuk merevisi produk. Selanjutnya produk akhir siap digunakan. Produk tersebut terdiri dari DVD untuk mendengarkan buku kerja siswa dan buku petunjuk guru. DVD memuat materi mendengarkan sebanyak 8 unit rujukan dan biografi pengembang. Buku kerja siswa berisi kata pengantar ucapan terima kasih daftar isi materi dari unit1-unit8 sumber materi sumber gambar jurnal perkembangan petunjuk penggunaan DVD dan tentang penulis. Buku petunjuk guru memuat kata pengantar daftar isi petunjuk penggunaan DVD pemetaan materi saran penyajian skript mendengarkan dan kunci jawaban. Keberadaan produk ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah tidak adanya materi mendengarkan. Dengan produk ini guru terfasilitasi untuk mengajarkan ii keterampilan mendengarkan kepada siswa dan siswa juga terfasilitasi untuk lebih banyak berlatih ketrampilan mendengarkan dengan menggunakan produk ini baik didalam maupun diluar kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58742

Actions (login required)

View Item View Item