Rayuningtya, Pusfika (2015) Developing supplementary reading materials for eleventh graders of SMK Negeri 4 Malang / Pusfika Rayuningtya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rayuningtya Pusfika. 2013. Pengembangan Materi Tambahan Membaca Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas Sebelas SMK Negeri 4 Malang. Thesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Arwijati Wahyudi Dip. TESL. M.Pd. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata Kunci pengembangan membaca materi tambahan untuk reading tema berbasis IT Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi tambahan untuk reading dalam bentuk buku kerja yang menggunakan tema berbasis IT untuk siswa SMK Negeri 4 Malang. Pengembangan buku akan disesuaikan dengan kebutuhan siswa kelas sebelas di SMK Negeri 4 Malang. Di saat yang bersamaan produk dapat digunakan untuk media pembelajaran mandiri selama masa PKL. Prosedur Penelitian dan Pengembangan yangmengadaptasi dari Borg dan Gall (2003) dan Hyland (2003) memiliki beberapa step seperti Pengumpulan Data Perencanaan Produk Pengembangan Validasi Tryout dan Revisi. Selama proses pengembangan produk buku kerja dikembangkan mengikuti kerangka yang dikemukakan oleh McDonough (1984) dan Aniroh (2009). Step selanjutnya adalah validasi para ahli yang meliputi dua dosen dan satu guru. Setelah produk divalidasi dilakukan tryout. Karena siswa sedang PKL maka tryout dilaksanakan dalam skala kecil dengan 10 orang siswa. Pada penelitian ini digunakan tiga instrumen yaitu panduan untuk interview kuesioner untuk siswa pada saat pengumpulan data dan tryout dan formulir untuk validasi. Hasil dari validasi untuk materi reading menunjukkan bahwa produk sudah bagus dengan beberapa catatan seperti materi yang digunakan dapat digunakan untuk materi tambahan di luar kelas materi sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa materi memberikan kesempatan siswa untuk belajar hal baru materi memiliki desain yang menarik dan materi memiliki beberapa tipe penilaian. Tetapi ada beberapa poin yang harus diperbaiki seperti perlunya menambah aktifitas yang menarik dan memperbaiki penataan bahasa yang masih salah. Hasil validasi dari segi materi berbasis IT menunjukkan bahwa produk sudah bagus dengan beberapa catatan seperti materi yang digunakan dapat digunakan untuk materi tambahan di luar kelas materi sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa materi dapat digunakan untuk media belajar mandiri dan materi memiliki beberapa tipe penilaian dan latihan soal. Tetapi ada beberapa poin yang harus diperbaiki seperti perlunya memilih ilustrasi yang cocok dengan bacaan menambah penjelasan dan latihan soal untuk beberapa bab dan mengganti desain untuk menjadi lebih menarik. Dari hasil tryout produk menerima evaluasi yang positif dari segi bahasa yang diguanakan topik dan latihan soal yang bervariasi dan konten yang dapat menambah kemampuan membaca siswa. Tetapi ada sedikit catatan dalam segi desain agar bisa lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58741 |
Actions (login required)
View Item |