Sholichah, Septi Annur Zumrotul (2015) Peningkatan hasil belajar IPS dengan materi jenis pekerjaan melalui media snakes and ladders di kelas III SDN Candirejo 04 Kabupaten Blitar / Septi Annur Zumrotul Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sholichah Septi Annur Zumrotul. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Materi Jenis Pekerjaan melalui Media Snakes and ladder di Kelas III SDN Candirejo 04 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suminah S.Pd. M.Pd (2) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd Kata kunci hasil belajar ilmu pengetahuan sosial media snakes and ladder Berdasarkan hasil observasi di lapangan pada pembelajaran IPS dengan materi jenis pekerjaan di kelas III SDN Candirejo 04 Kabupaten Blitar diketahui (1) guru tidak menggunakan media pembelajaran (2) guru dominan menggunakan metode ceramah yang membosankan bagi siswa (3) siswa tidak memiliki buku penunjang LKS maupun buku paket (4) siswa tidak pernah belajar secara berkelompok. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari 12 siswa hanya 3 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dengan presentase KBK sebesar 25%. Cara yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut dengan penerapan media snakes and ladder. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan media snakes and ladder pada pembelajaran IPS dengan materi jenis pekerjaan di kelas III SDN Candirejo 04 Kabupaten Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan dengan menggunakan media snakes and ladder di kelas III SDN Candirejo 04 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas III. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas siswa pada siklus I mencapai 33 5% pada siklus II mengalami peningakatan hingga 83 75%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pratindakan mencapai 25%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 41 5%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 83 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan materi jenis pekerjaan melalui media snakes and ladder di kelas III SDN Candirejo 04 Kabupaten Blitar dapat meningkatkan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar menerapkan media snakes and ladder dalam pembelajaran agar hasil pembelajaran lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5874 |
Actions (login required)
View Item |