Developing a prototype of web-based manga comics as english supplementary materials for tenth graders / Paramita Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a prototype of web-based manga comics as english supplementary materials for tenth graders / Paramita Anggraini

Anggraini, Paramita (2015) Developing a prototype of web-based manga comics as english supplementary materials for tenth graders / Paramita Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Paramita. 2015. Mengembangkan Prototipe Komik Manga Berbasis Web sebagai Materi Ajar Tambahan Pembelajaran Writing Bahasa Inggris untuk Kelas X. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D (2) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Keywords komik manga materi ajar tambahan writing berbasis web Dalam pembelajaran bahasa Inggris peran materi dan media sangat penting untuk menarik perhatian siswa dalam aktifitas pembelajaran. Berbagai macam materi dan media ditawarkan untuk membuat aktifitas pembelajaran lebih menyenangkan otentik dan efektif. Komik manga berbasis web menjadi materi sekaligus media yang ditawarkan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan komik manga berbasis web sebagai materi ajar tambahan untuk pembelajaran writing bahasa Inggris untuk kelas X di SMA Negeri I Bojonegoro sebagai subyek penelitian. Materi komik manga berbasis web ini dikembangkan untuk mengatasi masalah waktu belajar kelas yang terbatas dan kualitas materi yang membuat siswa tidak termotivasi dan kekurangan ide menulis dalam pelajaran writing sebagai subyek yang dianggap sulit berdasarkan hasil penelitian awal. Oleh karena itu diharapkan jika produk yang dikembangkan dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran writing di luar jam kelas dan mengatasi masalah pengembangan ide menulis dengan menyenangkan. Penelitian ini menerapkan model penelitian dan pengembangan (R D). Setting penelitian ini adalah kelas X-5 di SMA Negeri I Bojonegoro. Proses pengembangan produk melalui 5 tahap yaitu pengembangan awal pengembangan draft pertama validasi produk oleh pakar dan guru uji coba produk serta pengembangan produk akhir. Instrumen penelitian meliputi kuesioner validasi untuk pakar dan guru serta kuesioner uji coba siswa. Produk direvisi berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk. Setelah validasi produk oleh pakar dan guru revisi dilakukan pada aspek keefektifan media (website) tepatnya pada bagian display dan web-link. Akan tetapi tidak ada revisi ulang yang dibutuhkan setelah uji coba produk. Hasil analisa data menunjukkan bahwa komponen-komponen produk telah valid dan baik. Itu menunjukkan bahwa produk terbukti sudah cukup baik untuk digunakan sebagai materi ajar tambahan untuk writing bahasa Inggris berbasis web untuk siswa SMA kelas X. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan materi dan media ajar yang mudah dan menyenangkan dalam mengajar bahasa Inggris. Dalam kasus ini komik manga berbasis web dapat menjadi alternatif. Guru disarankan untuk mengembangkan materi dengan beragam topik dan genre tidak hanya untuk kelas X tetapi juga meliputi tingkat kelas yang lebih tinggi. Peneliti masa depan pun diharapkan untuk mengembangkan materi dan media ajar yang lain di samping komik manga berbasis web untuk writing karena materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan minat serta level siswa tidak selalu tersedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58738

Actions (login required)

View Item View Item