Westernizing, localizing, or thrusting personal "agenda"? a case of English teacher's agency in one Islamic International School in Batu / Panji Agnyoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Westernizing, localizing, or thrusting personal "agenda"? a case of English teacher's agency in one Islamic International School in Batu / Panji Agnyoto

Agnyoto, Panji (2015) Westernizing, localizing, or thrusting personal "agenda"? a case of English teacher's agency in one Islamic International School in Batu / Panji Agnyoto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agnyoto Panji. 2015. Westernizing Localizing or Thrusting Personal Agenda A Case of English Teacher s Agency in One Islamic International School in Batu. Thesis. Program Studi S2 PendidikanBahasaInggris.UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. YazidBasthomi M.A. (II) Dr. EkaningDewantiLaksmi M.A. M.P.d. Kata Kunci westernizing localizing thrusting personal agenda teacher s agency Islamic international school. Budayaseringkalimenjadistandarkebenaranbagi para penganutnya. Dalampembelajaranbahasakeduamaupunbahasaasing para guru menghadapikendaladalammemutuskanmuatanbudayaantarabudayalokaldenganbudayaasing yang hendakditekankandalampembelajaran. Membawakontenbudayalokaldapatmenguatkanidentitas para siswaatau paling tidakmengurangipotensi ego budayadiantara para siswaataupun guru itusendiri. Namun fokusterhadapkontenlokaltidakdapatmembantusiswauntukterbukamenerimaperbedaanbudaya yang bisajadiakanmerekaalami di masadepannya. Di sisilain menekankanpembelajaranpadakontenbudayaasingdapatmemberikanpemahamanperbedaanantarbudayasertadapatmeningkatkankompetensibahasa. Kendatidemikian kontenbudayaasingdapatmemicupencemaranbudayasertaidentitassiswakarenamemilikiperbedaan yang cukupmencolokdenganbudayalokal. Beberapa guru lainnyamemilihuntukmenekankankeduakontenasingdanlokal. Namun sejauhmanakeduanyadiintegerasikanmasihmenyisakandilema. Penelitianinibertujuanmelakukaneksplorasiseputarcara guru memanfaatkankontenbudayadalampembelajaranbahasa. Penelitiankualitatifdeskriptifinimembahaskontenbudayadariduaperspektif tinjauankritisdanlintasbudaya denganmenggunakandesainstudikasus. Setelahmengumpulkan data melaluiobservasi interview dantelaahdokumenresmi sertamenganalisanya penelitimenemukanbahwakeduakontenlokalasingdanlokalsama-samadiangkatdalampembelajaran. Namun di saat yang samadipertentangkandenganpenekanan di salahsatusisi yang condongpadaprinsippribadinya. Dari implementasitersebut jelaslahbahwa guru tidakmenekankanpendekatanlintasbudayadenganmenanamkannegosiasibudaya. Selaintemuantersebut dinamikakecenderunganbudaya yang diadopsioleh guru tersebut pun cukupnampak di mana guru tersebutmengalamiperubahandalamprilakudanpemikirannya. Perubahantersebutdisebabkanolehfaktor internal daneksternal. Sebagaimanaprinsipdinamika yang terusmengalamiperubahan sikapinkonsistensiditunjukkandengankonflikprinsippribadidengankeduakontenbudaya lokaldanasing. Inkonsistensijuganampakdarisikap yang berbedaterhadapsiswaantara di dalamdan di luarlingkungansekolah. Dari temuandandiskusi di atas guru maupunpenelitidiharapkan ketikamelakukanpenelitiantindakankelas tidakhanyamencariteknikpengajaran yang efektif tapijugamencari model pembelajaranberbasispertimbanganbudayadanidentitas. Hal inipentinguntukdilakukanmengingathasilakhirdarisebuahpembelajaranbukansajadalamaspekkognitifindividusiswasemata akantetapijugaaspeksosialbudaya. Untukmemahamidinamikaunsurbudayadanimplikasinyadalambidangpendidikan penilitianberikutnyadiharapkanbisamengangkatunsur-unsur guru dalam proses pembelajaran pengambilkebijakan di institusisekolahdalam proses satuanpendidikan maupun orang tuadalam proses penanamanidentitassiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58735

Actions (login required)

View Item View Item