Westernizing, localizing, or thrusting personal "agenda"? a case of English teacher's agency in one Islamic International School in Batu / Panji Agnyoto

Agnyoto, Panji (2015) Westernizing, localizing, or thrusting personal "agenda"? a case of English teacher's agency in one Islamic International School in Batu / Panji Agnyoto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agnyoto, Panji. 2015. Westernizing, Localizing, or Thrusting Personal ÔÇ£AgendaÔÇØ? A Case of English TeacherÔÇÖs Agency in One Islamic International School in Batu. Thesis. Program Studi S2 PendidikanBahasaInggris.UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. YazidBasthomi, M.A. (II) Dr. EkaningDewantiLaksmi, M.A., M.P.d. Kata Kunci: westernizing, localizing, thrusting personal agenda, teacherÔÇÖs agency, Islamic international school. Budayaseringkalimenjadistandarkebenaranbagi para penganutnya. Dalampembelajaranbahasakeduamaupunbahasaasing, para guru menghadapikendaladalammemutuskanmuatanbudayaantarabudayalokaldenganbudayaasing yang hendakditekankandalampembelajaran. Membawakontenbudayalokaldapatmenguatkanidentitas para siswaatau paling tidakmengurangipotensi ego budayadiantara para siswaataupun guru itusendiri. Namun, fokusterhadapkontenlokaltidakdapatmembantusiswauntukterbukamenerimaperbedaanbudaya yang bisajadiakanmerekaalami di masadepannya. Di sisilain, menekankanpembelajaranpadakontenbudayaasingdapatmemberikanpemahamanperbedaanantarbudayasertadapatmeningkatkankompetensibahasa. Kendatidemikian, kontenbudayaasingdapatmemicupencemaranbudayasertaidentitassiswakarenamemilikiperbedaan yang cukupmencolokdenganbudayalokal. Beberapa guru lainnyamemilihuntukmenekankankeduakontenasingdanlokal. Namun, sejauhmanakeduanyadiintegerasikanmasihmenyisakandilema. Penelitianinibertujuanmelakukaneksplorasiseputarcara guru memanfaatkankontenbudayadalampembelajaranbahasa. Penelitiankualitatifdeskriptifinimembahaskontenbudayadariduaperspektif, tinjauankritisdanlintasbudaya, denganmenggunakandesainstudikasus. Setelahmengumpulkan data melaluiobservasi, interview, dantelaahdokumenresmi, sertamenganalisanya, penelitimenemukanbahwakeduakontenlokalasingdanlokalsama-samadiangkatdalampembelajaran. Namun di saat yang samadipertentangkandenganpenekanan di salahsatusisi yang condongpadaprinsippribadinya. Dari implementasitersebut, jelaslahbahwa guru tidakmenekankanpendekatanlintasbudayadenganmenanamkannegosiasibudaya. Selaintemuantersebut, dinamikakecenderunganbudaya yang diadopsioleh guru tersebut pun cukupnampak di mana guru tersebutmengalamiperubahandalamprilakudanpemikirannya. Perubahantersebutdisebabkanolehfaktor internal daneksternal. Sebagaimanaprinsipdinamika yang terusmengalamiperubahan, sikapinkonsistensiditunjukkandengankonflikprinsippribadidengankeduakontenbudaya, lokaldanasing. Inkonsistensijuganampakdarisikap yang berbedaterhadapsiswaantara di dalamdan di luarlingkungansekolah. Dari temuandandiskusi di atas, guru maupunpenelitidiharapkan, ketikamelakukanpenelitiantindakankelas, tidakhanyamencariteknikpengajaran yang efektif, tapijugamencari model pembelajaranberbasispertimbanganbudayadanidentitas. Hal inipentinguntukdilakukanmengingathasilakhirdarisebuahpembelajaranbukansajadalamaspekkognitifindividusiswasemata, akantetapijugaaspeksosialbudaya. Untukmemahamidinamikaunsurbudayadanimplikasinyadalambidangpendidikan, penilitianberikutnyadiharapkanbisamengangkatunsur-unsur guru dalam proses pembelajaran, pengambilkebijakan di institusisekolahdalam proses satuanpendidikan, maupun orang tuadalam proses penanamanidentitassiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58735

Actions (login required)

View Item View Item