The Implementation of learning together strategy to improve the reading comprehension achievement of students of MTs Negeri Tambakberas Jombang / Ima Mutholliatil Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

The Implementation of learning together strategy to improve the reading comprehension achievement of students of MTs Negeri Tambakberas Jombang / Ima Mutholliatil Badriyah

Badriyah, Ima Mutholliatil (2015) The Implementation of learning together strategy to improve the reading comprehension achievement of students of MTs Negeri Tambakberas Jombang / Ima Mutholliatil Badriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Badriyah Ima Mutholliatil. 2012. The Implementation of Learning Together Strategy to Improve The Reading Comprehension Achievement of the Students of MTs Negeri Tambakberas Jombang. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd . M.Ed. (2) Dr. Enny Irawati M. Pd Kata kunci pemahaman membaca teks report strategy belajar bersama. Berdasarkan studi pendahuluan atas permasalahan yang dihadapi siswa kelas IX semester dua MTs Negeri Tambakberas Jombang tahun ajaran 2014/2015 penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bagaimana Strategi Belajar Bersama dapat meningkatkan prestasi pemahaman membaca dan keterlibatan mereka dalam proses belajar mengajar. Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Prestasi Pemahaman Membaca Siswa MTs Negeri Tambakberas Jombang Dapat Ditingkatkan Melalui Strategi Belajar Bersama (2) Bagaimana keterlibatan aktif Siswa MTs Negeri Tambakberas Jombang Dapat Ditingkatkan Melalui Strategi Belajar Bersama Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini terdiri dari satu siklus yang terbagi dalam 4 tahap yakni perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Siklus dalam penelitian ini terdiri dari tiga pertemuan dalam pelaksanaan strateginya dan satu pertemuan untuk tes pemahaman membaca. Subyeknya adalah 32 siswa kelas D MTs Negeri Tambakberas Jombang pada semester kedua. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman membaca lembar ceklist observasi dan catatan lapangan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prosedur Strategi Belajar Bersama yang tepat dalam pengajaran pemahaman membaca dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pemahaman membaca dan keterlibatannya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tercapainya kriteria keberhasilan yang ditunjukkan oleh hasil tes pemahaman membaca dan lembar ceklist. Prosentase nilai individu siswa adalah 75% dari 32 siswa melampaui nilai kelulusan atau KKM yakni lebih besar dari 75. Nilai rata-rata siswa meningkat luar biasa menjadi 80.62. Terlebih keterlibatan mereka mencapai 89% yang dikategorikan kedalam keterlibatan yang sangat bagus. Nilai-nilai tersebut diperoleh oleh siswa hanya dalam satu siklus saja. Peningkatan prestasi pemahaman membaca dicapai melalui penerapan langkah-langkah Strategy Belajar Bersama berikut ini (1) Pengenalan tentang topic dan pengungkapan pendapat (2) Pembagian teks membaca dan lembar kerja dan mengerjakannya secara individu (3) Penjelasan tujuan pembelajaran dan peraturan Strategi Belajar Bersama (4) Pengelompokan (5) Penjelasan materi contoh dan model (6) Membaca teks dengan tenang (7) memandu dan memberikan pertanyaan tentang topik (8) diskusi kelompok (9) memantau kegiatan siswa mendorong mereka untuk saling membantu dan memberikan bantuan kepada mereka (10) presentasi siswa (11) diskusi kelas (12) umpan balik penghargaan dan pujian atas kerja siswa dan (13) refleksi. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka disarankan bagi guru dan/atau dosen yang lain untuk menerapkan strategi ini dalam kelas mereka. Bagi Kepala Sekolah diharapkan untuk membuat kebijakan terkait dengan LTS agar menjadi salah satu dari strategi yang harus diterapkan di sekolah tersebut. Juga bagi para peneliti selanjutnya hasil penelitian ini disarankan untuk digunakan sebagai salah satu referensi mereka untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada pengajaran membaca untuk jenis teks yang lain (deskriptif naratif recoun dan prosedur) dan keterampilan bahasa yang lain contohnya menulis mendengar dan berbicara baik pada jenjang pendidikan yang sama atau yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58734

Actions (login required)

View Item View Item