Sujiyani, Erma (2015) The Rhetoric of thesis abstracts writen written by Indonesian EFL graduate students / Erma Sujiyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sujiyani Erma. 2015. The Rhetoric of Thesis Abstracts Written by Indonesian EFL Graduate Students. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd M.A Ph.D (II) Prof. Drs. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D Kata Kunci Analisis Genre Kajian Retorika Langkah-Strategi Kata Kerja Perujuk Proses Fitur-Fitur Non-Linguistik Penelitian ini mengkaji genre dan retorika dari abstrak tesis yang ditulis dalam bahasa Inggris oleh mahasiswa Pascasarjana Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya. Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan ciri-ciri dan karakteristik retorika dari abstrak tesis mereka dengan fokus penelitian pada pola langkah retorika strategi dalam mewujudkan langkah retorika kata kerja yang digunakan untuk mendukung langkah retorika dan fitur-fitur non-linguistik pendukung retorika dari abstrak tesis tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis genre. Data penelitian diperoleh dari tujuhbelas abstrak yang sengaja dipilih setelah memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk menganalisis langkah dan strategi retorika digunakan model retorika abstrak yang dikembangkan oleh Samraj (2002). Model ini terdiri dari lima langkah retorika Langkah 1 Memposisikan Penelitian Langkah 2 Menyatakan Tujuan Penelitian Langkah 3 Mendeskripsikan Metode Penelitian Langkah 4 Melaporkan Hasil Penelitian dan Langkah 5 Menyimpulkan Hasil Penelitian. Sedangkan kata kerja pendukung retorika dianalisis dengan merujuk pada model klasifikasi kata kerja yang diusulkan oleh Hyland (2002) dan fitur-fitur non-linguistik pada abstrak diteliti berdasarkan panduan yang terdapat pada buku Panduan Penulisan Usulan Penelitian Dan Tesis 2010 dan beberapa acuan yang disarankan oleh para ahli dalam penulisan abstrak seperti yang terangkum pada artikel Basthomi (2006b). Temuan dari penelitian ini menyatakan bahwa apabila dibandingkan dengan dua langkah retorika lainnya yaitu Langkah 1 dan Langkah 5 tiga langkah retorika yang paling sering digunakan oleh penulis abstrak adalah Langkah 2 Langkah 3 dan Langkah 4. Temuan selanjutnya merujuk kepada pola retorika yang paling sering digunakan oleh penulis abstrak yaitu pola PMRC. Namun dalam pengejawantahan strategi serta langkah retorika yang digunakan oleh penulis abstrak pengaruh retorika dari bahasa Indonesia masih ditemukan. Hal ini bisa dilihat dari munculnya penggunaan strategi yang berulang untuk menyatakan tujuan penelitian pola strategi non-linear yang digunakan untuk mendeskripsikan metode penelitian adanya tumpang-tindih fungsi pada langkah retorika ke-4 dan ke-5 minimnya penggunaan langkah retorika ke-1 (untuk memposisikan penelitian) serta berulangnya pola penggabungan langkah retorika khususnya penggabungan langkah retorika ke-2 dengan langkah retorika ke-3. Selain itu temuan penelitian ini juga menunjukkan dominasi penggunaan kata kerja yang mengacu pada Research (Real-World) Acts. Analisis fitur-fitur non-linguistik menunjukkan bahwa sebagian besar penulis abstrak cenderung mengikuti pedoman penulisan yang telah ditetapkan walaupun dalam pelaksanaannya masih ditemukan keragaman dalam jumlah kata dan paragraf yang digunakan untuk menyusun abstrak demikian juga dengan penggunaan kata kunci dan posisinya dalam abstrak yang tidak seragam tata-letaknya. Berkenaan dengan hal tersebut di atas diharapkan temuan dalam penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan. Temuan ini dapat digunakan untuk membantu pembelajar bahasa Inggris agar lebih mudah untuk memahami dan menguasai ciri-ciri dan karakteristik retorika bahasa Inggris. Untuk pengajar bahasa Inggris temuan ini dapat diaplikasikan dengan materi bahan ajar mereka terutama yang berhubungan dengan pengajaran Academic Writing. Selanjutnya temuan ini bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah An Introduction to Discourse Analysis serta dapat juga digunakan untuk melengkapi dan merevisi aturan yang telah termaktub dalam buku Panduan Penulisan Usulan Penelitian Dan Tesis 2010 . Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti bagian lainnya dari tesis semisal bagian pembukaan ataupun bagian pembahasan dengan melibatkan penulis dari penutur asli bahasa Inggris yang berasal dari universitas di Indonesia maupun dari luar negeri yang mengkaji bidang ilmu yang sama maupun bidang ilmu lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |