Developing "EVO" for vocabulary learning for the eighth graders of Junior High School / Siti Anisah Susana - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing "EVO" for vocabulary learning for the eighth graders of Junior High School / Siti Anisah Susana

Susana, Siti Anisah (2015) Developing "EVO" for vocabulary learning for the eighth graders of Junior High School / Siti Anisah Susana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susana SitiAnisah. 2015. Mengembangkan EVO untukPembelajaranKosakata Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata kunci penelitian dan pengembangan permainan edukatif media belajar independen tambahan kosakata. Kosakataadalahkuncidasaruntukpengembanganmembaca mendengar berbicaradanmenulis.Seperti kata David Wilkins di Thornbury (2002 13) Tanpatatabahasasangatsedikitdapatdisampaikan tanpakosakatatidakada yang bisadisampaikan .Namun beberapamasalahterjadidalampengajarandanpembelajarankosakatakhususnya di SMP Negeri 2 Bojong.Siswamengatakanbahwamerekamasihkekurangandalammenguasaikosa kata bahasaInggris.Bukutekssekolah yang umumnyasangat formal danmencakupmateri yang berjarakdarikehidupansehari-hari metodepengajarantradisional dan media pembelajaran yang terbatasmembuatsiswamudahmerasabosandankurangtermotivasidalambelajarkosa kata bahasaInggris.Denganalasantersebut merekamembutuhkanalatpembelajaran yang bisamembantudalammempelajarikosa kata sekaligusbisamemberikankegiatan yang menyenangkan. Studiiniadalahstudipenelitiandanpengembangan.Studiinibertujuanuntukmengembangkan media belajarmandiri yang bisaberfungsisebagaimateritambahanuntukmempelajarikosa kata bagisiswakelas VIII SMP Negeri 2 Bojong.Temaatautopikdarigame yang dibuatadalahtentangjalan-jalanatauliburan. Studi R D inimenggunakan model Dick Carey dan Carrey (2005) Borg dan Gall (1983) danLatief (2013) denganbeberapamodifikasi.Langkah-langkahnyayaknistudipendahuluan analisakebutuhan perencanaan pengembangan validasiahli ujicoba danprodukakhir.Studipendahuluandananalisakebutuhandilaksanakanmelaluiobservasilapangan membagikankuesioner mewawancarai guru bahasaInggrisdanmelakukansurvei.Padatahapperencanaan penelitimembuatjadwalpenelitian merencanakanisi mencariteoripendukungdariproduk mengklasifikasikankarakterumumdaripengguna merencanakanstrukturmateri danspesifikasiproduk.Selanjutnya penelitimengembangkangameedukasiuntukbelajarkosa kata. Game edukasiinikemudiandivalidasiolehduaahli. Revisikemudiandilakukanberdasarkanmasukandariduaahlitersebut.Game yang sudahdirevisikemudiandiujicobakan. Masukandarisiswadan guru yang terlibatdalamujicobaprodukkemudiandijadikansebagai data dasaruntukmelakukanperbaikanproduk.Setelahdirevisidandiujicobakankembali produkakhirsiapdigunakan. ProdukiniadalahsebuahaplikasidalambentukgameedukasibernamaEVO.Temaprodukiniadalahjalan-jalanatauliburan.Produkiniterdiridarienam unit atauperjalananyaitu A Tourist A Traveller An Explorer An Adventurer A Voyager dan A Conqueror. Ada enamatautujuhpermainan di setiapgame.Gameinidilengkapidengandesainkeren warnabagus audio dangambarnyata. Gameiniakantersedia di Google Play Store. Keberadaanprodukinibisamemecahkanmasalah yang dihadapidalam proses belajarmengajarkosakata. Denganbermainprodukini siswaakanbisabelajatlebihbanyakkosakata. ProdukinijugameningkatkanpengenalanterhadapbahasaInggrisbagisiswa.SoalbukuteksbahasaInggris yang biasanyaberjarakdarikehidupannyatasiswadapatditanganidenganadanyatemaatautopik yang familiar tentangjalan-jalanatauliburan.Karenaprodukinibisadipasang di smartphone tab bahkan laptop memungkinkansiswauntukbermaingameini di manapundankapanpun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58731

Actions (login required)

View Item View Item