Yusroh, Mufidah (2015) The effect of using authentic materials on the reading comprehension of students with different motivation / Mufidah Yusroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yusroh Mufidah. 2015. PengaruhPenggunaan Materi Otentik pada Pemahaman Membaca Siswa yang Memiliki Motivasi yang Berbeda.Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suharmanto M.Pd. (2) Dr. Arwijati Wahyudi M.Pd. Dip. TESL. Kata kunci materi otentik materi tidak otentik motivasi siswa pemahaman membaca keefektifan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan materi otentik pada pembelajaran pemahaman membaca di dalam kelas efektif atau tidak dilihat dari motivasi siswa. Melalui penggunaan materi otentik ini penelitian ini menyelidiki apakah 1) apakah ada perbedaan yang signifikan pada pemahaman membaca siswa antara grup yang diajar menggunakan materi otentik dan materi tidak otentik 2) apakah ada perbedaan yang signifikan pada pemahan membaca antara siswa yang memiliki motivasi intrinsic dan siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik 3) apakah ada hubungan diantara pemahaman membaca materi otentik dan motivasi siswa. Penelitan ini menggunakan eksperimen quasi faktorial 2 x 2 dengan desain grup kontrol saja. Populasi padapenelitian ini adalah 106 siswa kelas sepuluh di MAN 3 Malang tahun angkatan 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas sains (ipa). Sampel penelitian ada dua grup kelas X IPA1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen.Teknik sampling yang digunakan adalah sampling gruptidak acak dengan menggunakan loteri. Bagaimana pun juga setiap kelas memiliki kemungkinan yang sama untuk dijadikan sampel penelitian. Kemudian penggunaan loteri dilakukan terhadap populasi empat kelas sains. Dalam pengumpulan data instrumen yang digunakan dalam bentuk tes pemahaman membaca siswa dan kuesioner. Kuesioner diberikan kepada siswa sebelum proses perlakuan. Grup eksperimen diajar membaca menggunakan materi otentik sedangkan grup kontrol diajar membaca menggunakan materi tidak otentik. Kemudian tes pemahaman membaca dalam bentuk pilihan ganda diberikan kepada kedua grup eksperimen dan kontrol. Dari hasil penelitian mengungkap adanya efek yang signifikan antara kedua kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan perhitungan statistik tidak ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa pada siswa yang diajar menggunakan materi otentik dan siswa yang diajar menggunakan materi tidak otentik. Di samping itu tidak ada perbedaan yang signifikan pada siswa yang memiliki motivasi intrinsic dan siswa yang memiliki motivasi esktrinsik pada pemahaman membaca. Bagaimanapun juga masih ada interaksi antara pemahaman membaca materi otentik dan motivasi siswa pada hasil penelitiam.Oleh karena itu peningkatan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen disebabkan oleh implementasi pembelajaran yaitu materi otentik dilihat dari motivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan materi otentik pada pembelajaran pemahaman membaca terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa yang memiliki motivasi yang berbeda. Oleh karena itu materi otentik dipercaya untuk membantu para siswa pada pemahaman membaca bahasa kedua. Materi ini menyediakan berbagai macam topik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan juga menyediakan kesempatan untuk menggabungkan komponen-komponen bahasa selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58730 |
Actions (login required)
View Item |