Rahmawati, Dwi (2015) Peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas III melalui model mind mapping di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar / Dwi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmawati Dwi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III Melalui Model Mind Mapping Di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) (Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (2) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd Kata kunci hasil belajar ips Mind Mapping Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar diperoleh data bahwa (1)dalam pembelajaran masih berpusat pada guru (2)metode yang dilakukan guru bersifat monoton (3)guru tidak mengikutsertakan siswa dalam memecahkan masalah (4)guru tidak menggunakan media atau model dalam pembelajaran (5)siswa kurang aktif terhadap pembelajaran (6)hasil belajar siswa tergolong rendah yaitu mencapai ketuntasan belajar sebesar 28% atau 9 siswa dari 28 siswa dikategorikan tuntas dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1)untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran IPS pada siswa kelas III di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar dan(2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas III di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun tahap-tahap yang dilakukan pada penelitian ini ada 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model Mind Mapping pada pembelajaran IPS pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan siswa mampu bekerjasama antar anggota kelompok kreatif serta siswa mampu menunjukkan keberaniannya dalam proses pembelajaran. Selain itu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada pratindakan yaitu 28% atau 8 siswa yang berhasil mencapai KKM kemudian meningkat pada siklus I yaitu 54% atau 12 siswa yang berhasil mencapai KKM dan meningkat pada siklus II menjadi 82% atau 23 siswa yang berhasil mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping di kelas III pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan siswa mampu menunjukkan sikap kerjasama kreatifitas dan keberaniannya dalam proses pembelajaran. Selain itu dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN Kademangan 5. Dengan demikian hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Mind Mapping agar pembelajaran IPS yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5873 |
Actions (login required)
View Item |