Newfangled theme-based animation: media for English young learners with intercultural consideration / Novika Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Newfangled theme-based animation: media for English young learners with intercultural consideration / Novika Purnama Sari

Sari, Novika Purnama (2015) Newfangled theme-based animation: media for English young learners with intercultural consideration / Novika Purnama Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Novika Purnama. 2015. Inovasi Media Animasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tema untuk Anak-Anak dengan Pertimbangan Nilai Budaya. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata kunci berbasis tema animasi anak-anak pertimbangan nilai budaya. Konsep memahami antarbudaya diperlukan sebagai kemampuan dasar untuk interaksi apapun. Kompetensi tersebut tidak hanya tentang keterampilan sosial tetapi juga diperlukan untuk meningkatkan kepekaan dan pemahaman nilai-nilai lain (Myron Jolene 2003). Sejauh pembelajaran berkaitan denganbahasa asing sebaiknya guru memperhatikan hal ini supaya dapat mendesain pengajaran khusus dimana murid diharapkan untuk memahami dan menghormati berbagai macam budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah animasi berbasis tema yang memperhatikan konsep antarbudaya dan diharapkan bisa menjadi efektif untuk kegiatan berbicara bagi anak-anak. Proyek penelitian dan pengembangan produk ini terdiri dari penilaian kebutuhan pengembangan validasi produk dan uji coba produk. Kemudian peneliti mengkombinasi prosedur penelitian dan pengembangan (Lee Owens 2004) dengan prosedur pengembangan animasi yang dikembangkan oleh Pixar Animasi Studio (2000) sebagai sebuah desain besar yakni menentukan tujuan animasi mengembangkan materi berbicara mendesain bentuk fisik dari produk mengembangkan jalan cerita mengembangkan elemen media validasi dan akhirnya mengevaluasi video animasi. Untuk memvalidasi produk instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi petunjuk wawancara lembar validasi dan kuesioner. Data yang didapatkan dari instrumen tersebut kemudian dikemas secara kualitatif. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan sebagai berikut sebuah paket video animasi berjudul Come Speak Up Tell Us dalam bentuk CD dan sebuah buku petunjuk bagi guru. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan adanya respon yang baik terhadap keberadaan hasil produk dari penelitian pengembangan ini. Namun terdapat beberapa revisi kecil yang harus dilakukan terhadap desain dari produk. Berdasarkan hasil penelitian sangat disarankan kepada guru untuk memakai video animasi sebagai media kegiatan berbicara beserta dengan rencana pembelajaran yang telah dikembangakan. Selain itu video animasi yang mengandung memperhatikan nilai-nilai antarbudaya ini dapat menarik perhatian siswa dan mengembangkan kompetensi kesadaran siswa atas perbedaan budaya yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58725

Actions (login required)

View Item View Item