Indayati, Wiji (2015) Implementing preject-based learning using group investigation technique to improve the eighth graders' speaking and writing abilities of SMPN 3 Sumbermanjing Malang / Wiji Indayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indayati Wiji. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Teknik Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Menulis pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sumbermanjing Malang. Tesis. Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Fachrurrazy M.A. Ph.D. (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata Kunci Keterampilan Produktif Pembelajaran Berbasis Proyek Investigasi Kelompok. Keterampilan produktif menjadi fokus utama dalam pengajaran Bahasa Inggris karena tujuan akhir dalam belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing adalah suatu kondisi dimana siswa bisa terlibat dalam sebuah interaksi untuk mengemukakan dan berbagi pendapat dalam berkomunikasi secara jelas dan berhasil. Keterampilan ini sangat penting mengingat keterampilan tersebut memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkan kegiatan dunia nyata ke dalam kelas. Keterampilan ini juga bisa dijadikan tolok ukur untuk mengetahui tingkat belajar siswa. Akan tetapi siswa kelas VIII A SMPN 3 Sumbermanjing belum bisa mencapai tujuan ini. Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan yang telah dilakukan kemampuan siswa dalam berbicara dan menulis masih rendah dikarenakan kurangnya minat ide kosakata kepercayaan diri dan pengetahuan dalam mengungkapkan ide dengan menggunakan jenis teks tertentu. Berkenaan dengan hal tersebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan menggunakan teknik Investigasi Kelompok diadakan untuk mengatasi masalah siswa dalam keterampilan berbicara dan menulis teks berbentuk deskripsi. Rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Berbasis Proyek dengan menggunakan teknik Investigasi Kelompok bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara dan menulis Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di SMPN 3 Sumbermanjing pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini diadakan dengan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Setelah dilakukan tindakan pada Cycle 2 hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek dengan menggunakan teknik Investigasi Kelompok bisa meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara dan menulis. Dari hasil penilaian dengan menggunakan rubrik penilaian penelitian ini telah berhasil menuntaskan siswa dalam mencapai kriteria kesuksesan baik dalam keterampilan berbicara maupun menulis. Hasil dari lembar observasi dan catatan di lapangan menunjukkan bahwa minat siswa untuk ikut terlibat dalam proses belajar pembelajaran telah meningkat. Hasil dari lembar kuisioner yang diisi pada akhir penelitian ini menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap strategi yang dipakai sangat bagus demikian pula masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam keterampilan berbicara dan menulis telah terpecahkan. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan menggunakan teknik Investigasi Kelompok dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut. Kegiatan diawali dengan persiapan materi kebahasaan yang akan digunakan. Guru mempersiapkan siswa dalam mendeskripsikan obyek nyata baik secara lisan maupun tulisan dengan menerapkan Pendekatan Berbasis Genre yang sederhana. Siswa belajar bagaimana cara membuat teks deskripsi dan alasan mengapa memilih teks berbentuk deskripsi. Kemudian kegiatan penentuan kelompok dan topik yang akan dipelajari dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Proyek. Pengelompokan siswa berdasarkan pada tingkat kemampuan kelompok pertemanan dan minat terhadap topik yang akan dipelajari. Didalam masing-masing kelompok siswa menentukan sendiri topik yang akan dipelajari sekaligus membagi sub topik yang akan menjadi tanggung jawab masing-masing anggota kelompok. Semua anggota kelompok juga berperan dalam kepanitiaan kelompok yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kegiatan berikutnya adalah menyusun langkah-langkah dan bentuk kegiatan dalam sebuah Lembar Perencanaan dan Lembar Konsep Individu sebagai panduan bagi siswa dalam melaksanakan investigasi. Setelah semua perencanaan matang anggota kelompok melaksanakan kegiatan berikutnya yaitu bersama-sama dan bekerja sama melaksanakan investigasi untuk mencari data yang dibutuhkan. Kegiatan berikutnya adalah membuat teks berbentuk deskripsi untuk mempersiapkan presentasi secara lisan dan tulisan berdasarkan pada data-data yang telah ditemukan. Sebelum siswa membuat teks guru memberikan contoh-contoh teks berbentuk deskripsi contoh lisan untuk keterampilan berbicara dan contoh tertulis untuk keterampilan menulis. Kegiatan pembuatan teks berbentuk deskripsi secara lisan dilakukan dahulu sebelum kegiatan pembuatan teks berbentuk deskripsi secara tertulis. Kegiatan diskusi kelompok dan konsultasi guru dan murid juga muncul dalam kegiatan ini. dan Kegiatan terakhir adalah penyajian proyek secara lisan dan tulisan. Ketika siswa menyajikan produknya secara lisan produk tertulisnya juga ditunjukkan. Produk tertulis ini digunakan sebagai media bagi siswa untuk menyajikan secara lisan karena produk ini tidak hanya memuat paragraf tapi juga gambar atau foto yang mendukung ide dari paragraf. Akhirnya bagi guru Bahasa Inggris yang menghadapi permasalah yang sama dianjurkan untuk menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan menggunakan teknik Investigasi Kelompok. Model pembelajaran ini tidak hanya bisa meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan berbicara dan menulis tapi juga memberikan ide dan memotivasi keinginan siswa dalam belajar. Diharapkan untuk peneliti yang akan datang bisa mengadakan penelitian serupa terhadap jenis teks yang berbeda seperti report recount dan narrative yang menekankan kebutuhan investigasi untuk mencari informasi-informasi sebagai ide dari lingkungan sekitar dan menyajikan informasi tersebut kepada khalayak umum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58724 |
Actions (login required)
View Item |