Using process approach with video to improve the eighth students' ability in writing descriptive texts / Ihsan Suhaimi - Repositori Universitas Negeri Malang

Using process approach with video to improve the eighth students' ability in writing descriptive texts / Ihsan Suhaimi

Suhaimi, Ihsan (2015) Using process approach with video to improve the eighth students' ability in writing descriptive texts / Ihsan Suhaimi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhaimi Ihsan. 2015. Menggunakan Pendekatan Proses dengan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Delapan dalam Menulis teksDeskriptif. Thesis. Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. (II) Prof Utami Widiati M.A. Ph. D Kata Kunci Pendekatan Proses Video Menulis Teks Deskriptif Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 8 SMPN 1 Barambai Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan dalam menulis teks deskriptif melalu pendekatan proses dengan video. Ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan yang menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pengimplementasian pendekatan proses dengan video dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas delapan dalam menulis teksdeskriptif . Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII c tahun akademik 2014-2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model yang diadaptasi dari Kemmis dan McTaggart (dalam Mcniff dan Whitehead 2002) yang terdiri dari empat langkah utama meliputi perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Data dari penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar observasi catatan lapangan angketdan tesmenulis sementara untuk menentukan keberhasilan dari penelitian ini digunakan dua kriteria kesuksesan yaitu perolehan siswa dalam tes menulis serta persepsi siswa terhadap pengimplementasian strategi ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah pengimplementasian pendekatan proses dengan video kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif meningkat secara signifikan. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata nilai siswa dalam tes menulis yang mencapai 8.2 dari sebelumnya 5.2 di studi pendahuluan. Sementara nilai siswa secara individu 84% siswa mampu melewati kriteria ketuntasan minimum yaitu 7 4 sedangkan yang lain memperoleh peningkatan setidaknya 1 5 poin. Ini membuktikan bahwa pengimplementasian pendekatan proses dengan video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Selain itu semua siswa setuju bahwastrategiinidapat menciptakan suasana yang menarik dan meningkatkan motivasi mereka dalam aktivitas menulis. Prosedur pembelajaran yang digunakan dalam pendekatan proses dengan video ini mengikuti 5 langkah penulisan yang meliputi perencanaan penulisan perevisian pengeditan dan pemublikasian sementara video digunakan dalam perencanaan. Langkah-langkah ini dapat dijelaskan sebagai berikut (1) menugaskan siswa untuk menentukan ide sebagai topik tulisan mereka dengan cara mengobservasi sebuah video tentang hewan dan menjawab pertanyaan panduan (2) menugaskan siswa untuk mulai menulis teks deskripitif tentang hewan dengan menggunakan informasi yang didapat dari langkah sebelumnya (3) mengadakan koreksi bersama untuk merevisi tulisan mereka dalam hal isi dan organisasi (4) menyediakan daftar kesalahan dan cara untuk memperbaikinya untuk mengedit tulisan mereka dalam hal tata bahasa kosakata dan mekanik dan (5) memberikan kesempatan pada siswa untuk mempublikasikan tulisan mereka dengan cara membacakannya didepan kelas. Berdasarkan hasil dari penelitian ini guru bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan strategi ini pada aktivitas belajar mengajar yang serupa. Kepala sekolah direkomendasikan untuk menyediakan fasilitas yang mendukung untuk mengimplimentasikan strategi ini. Akhirnya peneliti yang lain diharapkan dapat melakukan menelitian dan eksplorasi lanjutan terhadap pengimplementasian strategi ini sebagai informasi yang sangat berharga untuk proses belajar mengajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58723

Actions (login required)

View Item View Item