The effect of Collaborative Strategic Reading (CSR) on students' reading comprehension as observed from students' cognitive learning style / Habibatul Azizah Al Faruq - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of Collaborative Strategic Reading (CSR) on students' reading comprehension as observed from students' cognitive learning style / Habibatul Azizah Al Faruq

Al Faruq, Habibatul Azizah (2015) The effect of Collaborative Strategic Reading (CSR) on students' reading comprehension as observed from students' cognitive learning style / Habibatul Azizah Al Faruq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Faruq Habibatul Azizah. 2015. Pengaruh Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Pemahaman Membaca Mahasiswa Ditinjau dari Gaya Belajar Kognitif Mahasiswa. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Arwijati Wahyudi Murdibjono M.Pd Dip. TESL (II) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. Kata kunci collaborative strategic reading field-independent field-dependent pemahaman membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh collaborative strategic reading terhadap pemahaman membaca mahasiswa pengaruh collaborative strategic reading terhadap pemahaman membaca mahasiswa dengan gaya belajar kognitif yang berbeda dan interaksi antara jenis strategi mengajar membaca dan gaya belajar kognitif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan faktorial pretest dan posttest yang melibatkan mahasiswa S1 semester 2 dari departemen Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang Jawa Timur tahun akademik 2014 / 2015. Pemahaman membaca mahasiswa diukur oleh tes pemahaman membaca. Kuisioner gaya belajar kognitif mengkelompokkan mahasiswa kedalam field-independent dan field-dependent. Pada penelitian ini uji non-parametric untuk menguji hipotesis karena tidak semua asumsi statistiknya terpenuhi. Penemuan menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari pemahaman membaca mahasiswa pada kelompok eksperimen dan kontrol berbeda secara statistik (Sig. 0 629 Sig. 0 05). Selanjutnya level signifikan pada pemahaman membaca mahasiswa dengan gaya belajar kognitif yang berbeda lebih kecil dari 945 0 05 (Sig. 0 009 Sig. 0 05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca pada mahasiswa yang memiliki gaya belajar kognitif field-independent dan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kognitif field-dependent. Selanjutnya tidak ada interaksi antara jenis strategi mengajar membaca dan gaya belajar kognitif mahasiswa yang dibuktikan secara statistik nilai F hitung lebih rendah dari nilai F tabel (0 868 4.03 (0 05 51 1)). Kepada peneliti berikutnya dianjurkan untuk meneliti keefektifan collaborative strategic reading pada mata pelajaran kecakapan dan gaya belajar kognitif yang berbeda dari penelitian ini. Sebagai tambahan mereka diharapkan untuk menyelidiki lebih banyak variasi dari gaya belajar kognitif karena penelitian ini hanya menggunakan field-independence dan field-dependence dan mempertimbangkan keseimbangan jumlah mahasiswa dalam membandingkan kelompok. Jika memungkinkan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kognitif field-independence dan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kognitif field-dependence dianjurkan memiliki jumlah yang sama. Selanjutnya peniliti berikutnya disarankan untuk mempertimbangkan penambahan pertemuan karena penelitian ini hanya menggunakan 4 pertemuan untuk perlakuan yang mana tidak cukup untuk membuat semua mahasiswa benar-benar berpengalaman dalam menerapkan semua strategi yang ada pada collaborative strategic reading.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58722

Actions (login required)

View Item View Item