The teaching of English at Basic English Course (BEC) Kampung Inggris Pare / Andriys Ariesson Harieska Prajas - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of English at Basic English Course (BEC) Kampung Inggris Pare / Andriys Ariesson Harieska Prajas

Prajas, Andriys Ariesson Harieska (2015) The teaching of English at Basic English Course (BEC) Kampung Inggris Pare / Andriys Ariesson Harieska Prajas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prajas Andriys Ariesson Harieska. 2015. Pengajaran Bahasa Inggris diBasic English Course (BEC) Kampung Inggris Pare. Tesis Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Pembimbing (1) Dr. Suharmanto M.Pd. (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata Kunci Pengajaran Bahasa Inggris PraktikPositif Kursus Bahasa Inggris BEC KampungInggris Pare Penelitianinimencobamenemukanpraktekpositif di BEC KampungInggris Pare.Praktikpositifinimelibatkanaspek-aspekyangmendukungpengajarandanpembelajaranbahasaInggrisatauaspekterkaitlainnya yang berkontibusipositifterhadappengajaranbahasaInggrissepertikemampuanbahasaInggrispengajarnya lingkunganpengajaran motivasipengajardansiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari guru dan siswa BEC Pare. Data penelitian dikumpulkan dari tiga guru dan sembilan kelas. Sebagai penelitian kualitatif peneliti sendiri merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini. Instrumen tambahan lain yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitian terdiri dari lembar observasi pedoman wawancara dan kuesioner. Dari penelitian ini ada beberapa praktik positif yang dapat ditemukan di BEC yakni masa mengajar guru yang panjang di BEC motivasi siswa dan guru yang tinggi waktu belajar yang intensif dan lingkungan yang mendukung.Kondisiinisangatmembantukemampuanberbicarasiswa terutamadalamhalkelancaran yang mendukungkosep practice makes perfect. PraktikpositifinimemungkinkansiswauntukbersentuhandenganbahasanInggris yang bisamembantudalammeningkatkankemampuanberbicaramereka. Masa mengajar guru yang panjang setidaknya 10 atau bahkan 20 tahun mengajar di BEC sangat menguntungkan baik bagi guru dan lembaga. Para guru dan siswa di BEC memiliki motivasi yang tinggi.Guru disanamemiliki kepribadian motivasi dan sifat yang baik. Mereka sangat ramah termotivasi antusias dan bersedia untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa terkait belajar mereka. Siswa juga memiliki juga motivasi yang sangat tinggi dan mereka memiliki sikap serta perilaku positif dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan sehari-hari siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Siswa di BEC diharuskan belajar dalam waktu yang panjang dan intensif. Praktek positif terakhir adalah lingkungan pendukung. Di area BEC semua siswa diwajibkan menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Suasana penggunaan bahasa Inggris di tempat ini terlihat dengan jelas. Di tempat ini kita bisa menemukan banyak siswa menggunakan bahasa Inggris sebagai sarana komunikasi mereka.Siswabanyakmelakukanpraktek yang mendukungkonsep practice makes perfect. Hal inimenyuguhkangagasanbahwasemakinseringkitamempraktekkansesuatu makakitaakansemakinbaikdalammelakukanhaltersebut dalamkonteksiniadalahbahasaInggris. PraktekinimemungkinkankitabersentuhandenganbahasaInggrisdalamwaktu lama yang pastinyabermanfaatbagipembelajaranbahasaInggrissiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58721

Actions (login required)

View Item View Item