Improving students' listening skill using course review hooray model in the first grade of SMP Negeri 2 Pagerbarang / Dian Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving students' listening skill using course review hooray model in the first grade of SMP Negeri 2 Pagerbarang / Dian Anggraeni

Anggraeni, Dian (2015) Improving students' listening skill using course review hooray model in the first grade of SMP Negeri 2 Pagerbarang / Dian Anggraeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Dian. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mendengar Menggunakan Course Review Hooray Model pada Siswa Tingkat Pertama SMP Negeri 2 Pagerbarang. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. (II) Prof. Muhammad Adnan Latief Ph.D. Kata kunci Meningkatkan kemampuan mendengarkan Course Review Hooray Dari pra penelitian ditemukan bahwa kemampuan mendengarkan siswa siwa SMP Negeri 2 Pagerbarang masih belum memuaskan. Masalah tersebut disebabkan oleh kenyataan kenyataan 1) siswa siswa mempunyai masalah menangkap suara asli dari bahasa asing 2) mereka harus mengerti setiap kata jika mereka tidak memahami setiap kata mereka merasa kecewa khawatir dan stress 3) mereka dapat mengerti pembicaraan orang jika orang tersebut berbicara dengan lambat dan jelas 4) mereka tidak mengerti percakapan yang cepat dan dalam pengucapan asli bahasa asing tersebut 5) mereka harus mendengarkan sesuatu lebih dari sekali agar mengerti 6) jika kegiatan mendengarkan berjalan sudah terlalu lama mereka merasa lelah dan lebih sulit untuk berkonsentrasi. Masalah-masalah tersebut disebabkan oleh guru yang biasanya membacakan bacaan atau memutar tape dan lalu siswa diberi pertanyaan yang berhubungan dengan materi tersebut. Guru hanya mengambil materi dari buku paket tanpa mengubahnya agar membuat siswa lebih tertarik. Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan model yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Oleh karena itu dengan usaha yang keras untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa Course Review Hooray ini diterapkan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa siswa SMP Negeri 2 Pagerbarang melalui model Course Review Hooray. Adapun pernyataan masalahnya adalah Bagaimanakah caranya agar model Course Review Hooray dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan pada siswa tingkat pertama di SMP Negeri 2 Pagerbarang Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas secara kolaborasi melalui siklus refleksi diri yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa - siswa kelasVII F SMP Negeri 2 Pagerbarang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini diterapkan pada 35 siswa yang dilakukan dalam satu siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan untuk proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan untuk ulangan harian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi checklist dan ulangan harian mendengarkan. Data yang didapat dari tes ditampilkan dan di analisa secara kuantitatif. Sementara itu data yang berasal dari observasi checklist dianalisa dan ditampilkan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang tepat dalam mendengarkan melalui Course Review Hooray terdiri dari prosedur berikut ini 1) guru meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 2 siswa 2) guru meminta setiap kelompok membuat 16 kotak 3) guru meminta setiap kelompok untuk mengisi angka secara acak di setiap kotak 4) guru membacakan pertanyaan deskripsi secara acak 5) guru meminta kelompok menjawab pertanyaan deskripsi tersebut di kotak yang ankanya disebutkan oleh guru 6) secara langsung guru akan membahas jawaban untuk setiap pertanyaan deskripsi yang telah dibacakan 7) guru meminta setiaap kelompok memberikan tanda centang di kotak jika jawabannya benar atau memberikan tanda silang jika jawabannya salah 8) meminta setiap kelompok meneriakkan hore/ yel jika mereka sudah memiliki tanda centang secara vertikal/ horisontal/ diagonal. Baik proses belajar mengajar maupun hasil belajar cenderung meningkat dengan diterapkannya model ini. Hal tersebut ditunjukkan oleh tanggapan para siswa yang positif. Tanggapan itu ditunjukkan dengan partisipasi aktif siswa yang dalam proses belajar mengajar. Selama proses belajar mengajar mereka berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran bekerja berkelompok untuk mengerjakan tugas-tugas dan terlibat secara aktif dalam berbagi pendapat dan menjawab pertanyaan selama diskusi berlangsung. Sementara itu peningkatan kemampuan mendengarkan siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai 75 ke atas. Peningkatan nilai rata-rata meningkat dari 71.9 pada tes awal menjadi 88 pada Siklus 1. Jumlah siswa yang mendapatkan nilai yang baik meningkat dari 14 siswa (40%) pada tes awal menjadi 36 siswa (100%) pada Siklus 1. Berdasarkan penemuan-penemuan ini beberapa saran ditujukan kepada para guru Bahasa Inggris dan para calon peneliti. Disarankan kepada para guru Bahasa Inggris yang mempunyai permasalahan yang serupa dalam kegiatan mendengarkan di kelas untuk menerapkan model Course Review Hooray untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Kepada para peneliti berikutnya disarankan melakukan penelitian dengan menggunakan model Course Review Hooray untuk diterapkan pada ketrampilan Bahasa Inggris yang lain kelas dan teks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58720

Actions (login required)

View Item View Item