Saputra, Dana Wahyu (2015) Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan media lingkungan sekitar sekolah di kelas IV SDN Suru 01 Kabupaten Blitar / Dana Wahyu Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saputra Dana Wahyu. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Lingkungan Sekitar Sekolah di Kelas IV SDN Suru 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP) Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd (II) Dra. Widayati MH. Kata Kunci peningkatan media lingkungan sekitar sekolah hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi pada tahap pratindakan diperoleh permasalah-an yang meliputi (1) guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran IPS (2) guru tidak membimbing siswa yang memiliki ketidakmampuan membaca dan menulis dan (3) siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran IPS. Dengan demi-kian maka hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan belajar baik secara indi-vidu maupun klasikal sehingga perlu adanya penggunaan media sebagai alat ban-tu dalam melaksanakan pembelajaran IPS. oleh karena itu maka dilakukan pene-litian mengenai Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Lingkungan Sekitar Sekolah di Kelas IV SDN Suru 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dan mendeskripsikan pening-katkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan media lingkungan sekitar sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus ma-sing- masing terdiri dari dua pertemuan.Masing- masing siklus dilakukan dengan tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data di-lakukan dengan observasi tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran IPS dengan menggunakan media lingkungan sekolah pada siklus I diperoleh aktivitas guru sebesar 87 5% dan aktivitas siswa aspek keterampilan sikap sebesar 65% aspek keterampilan sebesar 64% dan aspek pengetahuan sebesar 67% pada siklus II diperoleh aktivitas guru sebesar 92 5% dan aktivitas siswa aspek sikap sebesar 85% aspek keterampilan sebesar 85% dan pada aspek pengetahuan sebesar 85% (2) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan media lingkungan sekitar sekolah diperoleh hasil rekapitulasi pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara tahap silus I dan siklus II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ling-kungan sekitar sekolah pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu hendaknya guru perlu menggunakan media lingkungan se-kitar sekolah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS se-hingga dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5872 |
Actions (login required)
View Item |